Jejak Islam Era Abbasiyah di Kota Kuno Gadara

oleh -10 views

Kota kuno Gadara (sekarang Umm Qais) menyimpan jejak-jejak Islam era Abbasiyah. Kota ini dulunya merupakan pemukiman dan tetap dihuni hingga Islam muncul pada abad ke-7.

Gadara adalah satu dari sepuluh kota yang disebut Dekapolis, sekumpulan kota Yunani kuno yang didirikan oleh Alexander Agung, seperti disebutkan dalam Encyclopedia Britannica. Kota ini dibentuk setelah penaklukkan Romawi atas Palestina pada 63 SM.

Penyebutan nama Gadara sendiri berasal dari para ahli geografi Arab pada masa Dinasti Abbasiyah (750-1258 M).

Serangkaian gempa bumi dahsyat yang melanda wilayah Transyordania pada 749 M dan 1033 M, serta Yerusalem dan Tepi Barat berdampak langsung pada pusat kota di wilayah tersebut. Pada waktu itu, terjadi transisi politik dari kekuasaan Umayyah ke Abbasiyah. Pusat kekuasaan pun dipindah dari Damaskus ke Kufah dan Baghdad.

Baca Juga  10 Tanda Kamu Nyaman dengan Orang yang Tepat

Gadara menyisakan jejak Islam era Abbasiyah. Ahli Arkeologi Islam Abad Pertengahan dari The University of Newcastle upon Tyne Ma’en Omoush mengatakan bukti peninggalan periode Abbasiyah terlihat dari sebagian besar alun-alun di area penggalian situs arkeologi dan beberapa jenis tembikar Abbasiyah yang umum.

Tembikar tersebut, kata Omoush, dikumpulkan dari periode Abbasiyah dan modifikasi arsitekturnya. Fase pendudukan Abbasiyah pertama diperkirakan terjadi pada 750-800 M dan fase kedua berlangsung pada 800-1000/1050 M.

No More Posts Available.

No more pages to load.