Jembatan Reyamru Ambruk, Bupati Maluku Tenggara Gerak Cepat Kirim Tim

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com, Langgur – Jembatan di Desa Reyamru Kecamatan Kei Besar Utara Timur Kabupaten Maluku Tenggara, ambruk, Jumat (24/6/2022). Pemkab Maluku Tenggara (Malra), bergerak cepat untuk memperbaiki.

Melalui instruksi Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun ,kepada Dinas Pekarjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Malra yang telah melakukan survey di lokasi bencana pada hari Sabtu (25/6/2022).

Tim survey Dinas PUPR Kabupaten Malra bersama Tim  Dinas PUPR Provinsi Maluku bergerak cepat ke lokasi jembatan yang ambruk di Ohoi Reyamru, Sabtu (25/6/2022) dalam rangka melakukan survey.

Kepala Dinas PUPR Malra, Herling Priartha, menjelaskan, berdasarkan hasil survey, jembatan tersebut bernama Jembatan Wear Lakes dengan ukuran panjang 12.5 meter, lebar 4.2 meter dan  terletak tepat diujung Desa Reyamru Kecamatan Kei Besar Utara Timur Kabupaten Maluku Tenggara.

Diketahui, penyebab ambruknya jembatan lantaran tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur Kei Besar Utara Timur beberapa hari terakhir serta terdapat  kiriman air dari gunung yang debitnya sangat besar.

Baca Juga  Bupati Malra: Semua Desa Harus Bentuk Posko Covid-19

Konstruksi jembatan Wear Lakes Reyamru berlantai aspal dan memiliki 2 (dua) gelagar tersebut diketahui dibangun 30 tahun silam.

“Sampai saat ini arus air sangat deras dan kondisi angin juga sangat kencang.  Jembatan yang putus tersebut adalah jembatan akses penghubung satu-satunya antara desa Reyamru dengan semua desa yang berada di Kei Besar Utara Timur,” ujar Herling, , Minggu (26/6/2022) di Langgur.

Sampai berita ini di turunkan akses jalan dai Ohoi Reyamru ke ohoi-ohoi di sekitarnya masih terputus, selain itu kebutuhan logistik hingga kini masih dengan menggunakan jalan kaki

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, sangat prihatin dengan kondisi amruknya jembatan Reyamru, sehingg pada hari terjadinya musibah langsung melakukan rapat dengan pihak Pemprov yang di wakili Ketua Bappeda dan Anggota DPRD Provinsi di lanti IV kantor Gubernur.

Baca Juga  Senam Perpisahan Dandim 1503 dan Pemda Malra di Aula Kantor Bupati

Dalam rakor tersebut, telah di sepakati untuk anggaran pembangunan Reyamru yang ambruk akan di anggarkan pada APBD perubahan provinsi.

Di tempat yang sama Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku yang juga asal Dapil VI Kabupaten Malra, Kota Tual dan Aru, Amir Rumra mengatakan akan mengawal masalah Jembatan Reyamru ini pada APBD perubahan Provinsi tahun 2022 nanti. (Saad)

No More Posts Available.

No more pages to load.