Kakanwil Kemenag Malut Ajak Bumikan Al-Qur’an dan Saling Menghargai antar Umat

oleh -44 views

Porostimur.com, Ternate – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara, H. Amar Manaf menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tingkat Provinsi Maluku Utara yang di laksanakan pada Minggu (23/6/2024) di Aula Raudah Asrama Haji Transit Ternate.

Kakanwil pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan-kegiatan seperti MTQ dan Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) yang beberapa hari ke depan juga akan dilaksanakan merupakan ajang silaturahmi dan sarana untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman setiap umat beragama terhadap kitab suci yang diyakininya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi kita semua untuk terus-menerus mempelajari kitab suci masing-masing sebagai pedoman hidup umat beragama. Dengan demikian, kita dapat menjalani hidup dengan sukses di dunia dan selamat di akhirat sesuai dengan keyakinan kita masing-masing.

Baca Juga  Ini Faktor yang Bikin Maluku Terus Miskin Menurut Prof. Alex Retraubun

Lebih lanjut, Kakanwil berharap agar kita semua senantiasa membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Dalam upaya membumikan Al-Qur’an, ada dua hal utama yang harus diwujudkan. Pertama, memastikan bahwa generasi muda minimal mampu membaca Al-Qur’an. Jika generasi muda tidak bisa membaca Al-Qur’an, bagaimana mungkin mereka dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pemahaman dan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kunci utama untuk melengkapi peribadatan dan ketauhidan kepada Allah.