Kembali Beraksi, Maling Residivis Dapat Hadiah Timah Panas

oleh -159 views
Link Banner

Personal Buser Satuan Reskrim, Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Sabtu (29/6) tadi malam pukul: 11.15 WIT, mengamankan seorang pelaku pencurian di Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Pelaku FS (35) warga setempat yang juga residivis, dan rekannya SOP (40), kini telah diamankan di Mapolres Ambon disertai barang bukti.

Kasubag Humas Polres Pulau Ambon Dan Pp. Lease, IPDA, Julkisno Kaisupy, kepada media pers mengatakan, kedua pelaku ditangkap ketika sedang menyantroni rumah korban ST (34) di komplek perumahan Kejaksaan Negeri Ambon, di Desa Galala , Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Menurut Kaisupy, aksi pencurian ini berawal pada pukul 03.00 wit, dimana pelaku FS dan SOP yang mengkonsumsi minuman keras jenis Sopi. Usai menikmati miras, kedua pelaku melakukan aksi pencurian ke perumahan Dinas Kejaksaan yang terletak tidak jauh dari lokasi tempat mereka duduk.

Link Banner

Setelah tiba di TKP pelaku melakukan aksinya dengan cara mencungkil jendela rumah bagian depan dengan menggunakan obeng, kemudian pelaku mengambil swjumlah barang berupa: 2 (dua) buah HP masing jenis Samsung A6 plus dan Iphone 6, serta uang tunai dua juta rupiah.

Baca Juga  Babinsa Motor Perintis Usaha Budidaya Rumput Laut di Desa Bori

Usai menjalankan aksinya, pelaku kembali menemui SOP yang sementara menunggu ditempat duduk. Pelaku FS lalu memberi SOP uang tunai sebesar seratus ribu rupiah dan dua bua Hand Phone.

Pelaku kemudian kembali kerumahnya dan melanjutkan minum minuman keras jenis bir
sampai sekitar jam 07.00 wit bersama rekan-rekan di sekitar tempat tinggalnya.

Julkisno melanjutkan, pada pukul 10.00 WIT Team Buser dihubungi oleh anggota Polsek Baguala bahwa telah diamankan salah satu pelaku pencurian oleh korban dan diserahkan di Polsek Baguala. Mendapat informasi tersebut, Team Buser berangkat ke Polsek Baguala untuk menjemput korban dan pelaku SOP yang sudah di amankan, kemudian korban diarahkan untuk mendahului ke SPKT Polres Ambon untuk membuat Laporan Polisi.

Baca Juga  KPK Temukan 7 Asrama Bernilai Rp100 Milyar Tidak Atas Nama Pemda Halteng

Selanjutnya personil Buser Sat Reskrim Polres P. Ambon & P. P. Lease digiring pelaku SOP ke Polres P. Ambon dan selama dalam perjalanan dari Polsek Baguala ke Mapolres, pelaku di interogerasi membuka bahwa yang melakukan pencurian adalah pelaku utama FS sehingga personil Buser Sat. Reskrim Polres P. Ambon melakukan koordinasi dengan Piket Resmob Polda Maluku guna melakukan Penggrebekan Pelaku Utama FS dikediamannya, mengingat pelaku FS merupakan residivis tindak pidana yang sama dan baru bebas pada bulan Desember 2018 dari Lapas.

Saat penggerebekan, pelaku bersembunyi didalam kamar tidurnya yang sedang terkunci. sehingga team mencari istri pelaku yang sementara berada di rumah tetangganya.

Istri pelaku kemudian menyampaikan kepada pelaku FS agar membuka pintu kamarnya, mengingat rumah sudah di kepung oleh Anggota Kepolisian.

Pelaku lalu membuka pintu kamar dan team gabungan berhasil mengamankannya dan di giring ke Mapolres.

Baca Juga  Inflasi Maluku Pada Juni 2020 Rendah dan Terkendali

Di dalam perjalanan dilakukan pengembangan dan pelaku mengakui bahwa ia pernah melakukan aksi yang sama beberapa bulan yang lalu, yaitu: di atas kapal Ferry tujuan Namlea, di Kapal Ikan dan daerah Kudamati.

Ketika pelaku diperintahkan untuk menunjukkan TKP yang pernah dilakukan pelaku namun pelaku mencoba melarikan diri dengan cara melawan petugas sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan pelaku dengan cara melakukan penembakan ke arah betis pelaku.

Pelaku dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Ambon guna dilakukan penanganan medis.

Setelah selesai mendapat penanganan medis, pelaku FS langsung di giring ke Mapolres guna menjalani pemeriksaan.

Kedua pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan telah di tahan di Rutan Polres P. Ambon & P. P. Lease. (keket)