Ketua KPU Maluku: MTB Rentan Penyebaran Informasi Pemilu

oleh -86 views

Porostimur.com, Tiakur – Dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) merupakan salah satu daerah yang masuk dalam kategori sangat rentan dalam penyebaran informasi publik. 

Hal ini disampaikan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun, SH dalam kegiatan Webinar Nasional dengan Tema Menangkal Disinformasi di Tahun Politik yang diselenggarakan Dinas Kominfostaper Kabupaten MBD, Kamis (25/5/2023).

Syamsul Rifan Kubangun menjelaskan, tahapan Pemilu serentak sudah dan akan berjalan hingga tahun 2024. Terkait dengan isu disinformasi maka telah didapatkan salah satu kelompok yang rentan khususnya bagi pemilih pemula, serta masyarakat yang tinggal di daerah yang minim sarana informasi dan komunikasi, daerah kepulauan serta daerah yang terisolir.

Baca Juga  Kejari dan Polres Halsel Diminta Periksa Dugaan Korupsi Mantan Kades Kukupang

“Kabupaten MBD sebagai daerah perbatasan merupakan daerah yang masuk dalam kategori yang rentan dan oleh karena itu perlu ada perhatian khusus dari semua pemangku kepentingan. Keterbatasan informasi, terutama jaringan internet juga akan mempengaruhi proses dan tahapan pemilu itu sendiri,” ungkap Ketua KPU.

Ia menjelaskan, dalam proses penyelenggaraan pemilu, disinformasi bisa saja mendegilitimasi penyelenggaraan pemilu, karena bisa saja menyerang proses pemilu bahkan kredibiltas penyelengara yang terjadi dilevel tertentu, misalnya KPPS, PPS, PPK maupun KPU.

No More Posts Available.

No more pages to load.