Dirjen IKP: Pemilu 2024 Akan Mendapat Sedikit Gangguan

oleh -60 views

Porostimur.com, Tiakur – Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) baik itu Pemilu Legislatif (Pileg) maupun kepala daerah dan presiden pada Tahun 2024 mendatang, sepertinya akan mendapatkan sedikit gangguan lebih daripada pemilu periode lalu dalam hal maraknya berita hoax dan disinformasi yang disebarluaskan melalui media social.

Demikian disampaikan Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI), Dr. Nursodik Gunarjo, M.Si selaku narasumber pada Webinar Menangkal Disinformasi di Tahun Politik yang disenggarakan Dinas Kominfostaper Kabupaten MBD, Kamis (25/5/2023).

Menurut  Gunarjo, maraknya penyebaran berita hoax melalui media social patut diwaspadai bersama, karena trendnya bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Banyak negara juga mengalami stagnasi dan kemunduran demokrasinya padahal sudah termasuk negara dengan kategori demokrasi mapan.

Baca Juga  Indosat Business Kenalkan 3 Pilar Smart Campus untuk Masa Depan Berbasis AI

“Amerika misalnya yang adalah negara demokrasi terbesar di dunia, saat pemilu diwarnai chaos dan mencoreng nama baik mereka, yang disebut negara demokrasi terbesar,” ungkap Gunarjo.

Ia menambahkan, kemunduran demokrasi terjadi disaat masyarakat sedang menikmati kebebasan berekspresi dengan hadirnya media-media berbasis elektronik dan digital. Perlu ada penelitian dan kajian terhadap hal tersebut, akan tetapi sudah ditemukan bahwa ada sumbangsih media digital terhadap kemunduran demokrasi di seluruh dunia.

No More Posts Available.

No more pages to load.