Kisah Nabi Musa Pingsan Ketika Allah Menampakkan Zat-Nya

oleh -145 views

Sebelum Allah menampakkan Zat-Nya kepada Nabi Musa di Bukit Tursina, gunung-gunung itu dalam keadaan rata dan licin. Tetapi setelah Allah menampak­kan Zat-Nya, gunung-gunung itu hancur lebur dan Nabi Musa pingsan lalu bertaubat. Foto ilustrasi/dok My Buku

Nabi Musa ‘alaihissalam pernah mengalami pingsan ketika Allah Ta’ala menampakkan keagungan Zat-Nya. Kisah ini diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf Ayat 143.

Nabi Musa adalah seorang Rasul yang digelari Kalimullah atau orang yang diajak berbicara oleh Allah dan menerima wahyu langsung dari Allah. Beliau termasuk Nabi Ulul ‘Azmi yang diutus kepada kaum Bani Israil.

Dikisahkan, ketika Nabi Musa datang untuk bermunajat pada waktu yang telah ditentukan, yaitu 40 malam, maka Allah berfirman langsung kepadanya. Namun, Nabi Musa ingin mendapatlan lebih dari. Dia berkata: “Ya Tuhanku, perlihatkanlah Zat Engkau yang Maha Suci dan berilah aku kekuatan untuk dapat melihat-Mu dengan jelas.” Maka Allah menjawab, “Hai Musa kamu tidak akan dapat melihat-Ku.”

Baca Juga  Buka Rakor Capaian Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar, ini Imbauan Pj Gubernur Maluku

Selanjutnya Allah berkata kepada Musa, “Melihatlah ke bukit, jika bukit itu tetap kokoh dan kuat seperti sediakala setelah melihat-Ku, tentulah kamu dapat pula melihat-Ku, karena kamu dan gunung itu adalah sama-sama makhluk ciptaan-Ku. Tetapi jika bukit yang kokoh dan kuat itu tidak tahan dan hancur setelah melihat-Ku bagaimana pula kamu dapat melihat-Ku. Karena seluruh makhluk yang aku ciptakan tidak mampu dan tidak sanggup untuk melihat-Ku.”

No More Posts Available.

No more pages to load.