KM Karya Indah Terbakar di Perairan Lifmatola Kepulauan Sula

oleh -3.472 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Nasib naas menimpa Kapal Motor Karya Indah yang tengah berlayar dari Kota Ternate menuju Kepulauan Sula, Maluku Utara. Kapal penumpang tersebut terbakar di dekat Pulau Lifmatola, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Sula, Sabtu (29/5/2021) pagi.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Sula, IPTU Sofyan saat dikonfirmasi membenarkan kabar terbakarnya KM Karya Indah di dekat Pulau Lifmatola tersebut.

“Iya, kapal terbakar,” ungkapnya.

Sofyan bilang, pihaknya saat ini sedang menuju lokasi terbakarnya KM Karya Indah.

“Kami sedang menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP), nanti kami infokan lagi,” ujarnya melansir tandaseru.com.

Sementara itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan BASARNAS Ternate, melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi porostimur.com, Sabtu, (29/5/2021) menyebutkan, KM. Karya Indah dengan POB 81 orang mengalami kebakaran di Perairan Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula

Baca Juga  Harga Sembako Tidak Stabil, GMKI & GP Anshor Minta Pemda Halut Turun Tangan

Informasi musibah kebakaran kapal tersebut diperoleh dari Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate melalui Unit Siaga SAR Sanana.

“Informasi dari bapak Sofyan (Kasat Pol Air Sanana) bahwa terjadi kecelakaan kapal, Km Karya Indah mengalami kebakaran di perairan pulau Limafatola, Sanana. LKP, 39 NM/64.04° dari Unit Siaga SAR Sanana,” kata Kepala Kantor SAR Ternate, Muhammad Arafah dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Arafah, kronologi peristiwa kebakaran kapal tersebut yakni: pada tanggal 29 Mei 2021 Pukul. 07.20 Wit, Terima Info dari Bpk Sofyan, Kasat Pol Air Sanana melaporkan bahwa kapal penumpang dengan nama KM Karya Indah dengan rute Ternate – Sanana mengalami kebakaran kurang lebih 5 Mil Arah Timur Laut dari Pulau Lifamatola.

Baca Juga  Curigai Penyimpangan Penyaluran Bansos, Komisi III DPRD Kepsul Bakal Panggil Kadis Sosial dan Pihak Ketiga

“Informasi penumpang sementara yang di dapat kurang lebih 81 orang. Seluruh ABK dan penumpang telah dievakuasi dengan selamat ke Desa Waisum,” ujarnya.

Arafah mengatakan setelah menerima informasi. Pukul 08.50 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana berangkat menuju ke LKP untuk melaksanakan Pencarian dan Pertolongan menggunakan RIB 01, Estimasi Waktu tiba di LKP pukul 10.23 WIT. Sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa.

Arafah menambahkan, dalam operasi tersebut unsur-unsur yang terlibat adalah: Tim Basarnas Rescue Unit Siaga SAR Sanana, Pol Air Sanana, KUPP Sanana dan Warga Masyarakat Bajo.

Sedangkan alat utama dan prasarana yang diturunkan yakn: RIB 01 Sanana, Peralatan Medis, Peralatan Evakuasi, Hp Satelit, Handy Talky (HT) dan APD Covid-19.

Baca Juga  Hari Pattimura, Dua Bendera RMS Berkibar di Negeri Ulath, Saparua

(red/adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.