Kondisi Geografis Maluku Tenggara Memiliki Potensi Perikanan dan Patut Dikembangkan

oleh -121 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Potensi perikanan dan kondisi geografis Maluku Tenggara dengan 64 pulau kecil menjadikan wilayah ini menjadi sektor unggulan perikanan.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Nikson Ubro saat penyerahan bantuan alat tangkap bagi kelompok nelayan di aula Kantor Bupati, Jumata (13/8/2021).

Menurut Ubro, luas wilayah 4.212,54 dengan panjang garis pantai kurang lebih 632, 15, sehingga kondisi ini menjadikan wilayah Maluku Tenggara sangat berpotensi dijadikan sebagai sektor unggulan perikanan, tangkap, pariwisata dan industri.

“Kondisi inilah yang mendorong sesuai dengan RPJMD tahun 2018-2023 sebagai wujud visi Pemerintah daerah yang telah dipercayakan rakyat saat ini,” kata Ubro.

“Program Pemerintah Daerah yang dikenal dengan 11 M, sektor perikanan berada pada posisi enam, yakni optimalisasi dan Budi daya nelayan tangkap sebagai sektor unggulan,” sambungnya.

Baca Juga  Jumlah ODP di Malut Jadi 333 Orang

Ubro menegaskan, sebagai dinas teknis yang menangani sektor perikanan dan kelautan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan potensi perikanan sesuai visi dan misi pemerintah daerah secara terarah dan sistimatis berbasis ekonomi kerakyatan.

“Guna meningkatkan kwalitas perikanan, harus memiliki prasyarat yakni memiliki kapasitas alat tangkap yang memadai. Tentunya harus sesuai dengan Restra Dinas Perikanan Tahun 2018-2023 yang mana sesuai dengan data tahun 2021, sebesar 95.112, 86 ton sesuai yang diharapkan,” tegasnya.

Ubro menegaskan, pada tahun 2021 dinas perikanan telah menyediakan dana sebesar 2.365,756,000,00 yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Ubro menambahkan, penyerahan bantuan kepada kelompok nelayan tangkap sebanyak 21 kelompok penerima manfaat yang diserahkan langsung oleh Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun.(saad)

No More Posts Available.

No more pages to load.