Lantik 24 Anggota Panwascam, Ini Pesan Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan

oleh -16 views

Porostimur.com, Tidore – Sebanyak 24 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dilantik oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan.

Proses pelantikan Panwancam itu, berlangsung di Meeting Room Penginapan Bougenville, Kelurahan Soasio, pada (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Amru Arfa, mengatakan, Panwascam sebagai pengawas pemilu di tingkat Kecamatan selalu bersentuhan langsung dengan penyelenggara dan peserta pemilu, kiranya harus bisa bekerja profesional, bersikap netral atau tidak memihak kepada partai politik tertentu.

“Tentunya, komitmen dan integritas ini, harus bisa dipegang teguh Panwas sebagai penjaga nilai-nilai dalam pesta demokrasi, termasuk mencegah praktik politik uang, menyampaikan informasi secara berjenjang ke Bawaslu jika menjumpai adanya dugaan pelanggaran Pemilu,” ucap Amru dalam sambutannya.

Baca Juga  Mirati Dewaningsih: Saya Mundur dari DPD untuk Maju di Pilkada Maluku Tengah

Setelah dilantik, kata Amru, anggota Panwascam akan diberi pembekalan terkait pengawasan Pilkada serentak tahun 2024 hingga tugas dan fungsi sebagai Panwascam.

Pasalnya, tugas sebagai Pengawas pada Pemilihan ini, tidaklah ringan, tentu Panwascam bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran dan menegakkan demokrasi.

“Peran dari Panwascam sangat penting bagi kesuksesan Pemilu. Bapak dan Ibu diharuskan menjalin kerjasama yang baik dengan stakeholder lainnya. Tetap koordinasi, bekerja ikhlas dan lakukan berdasarkan aturan yang telah ditetapkan baik undang-undang, Perbawaslu, PKPU dan lainnya,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.