Lindungi Mahasiswa Papua, Sultan Tidore Keluarkan Maklumat

oleh -602 views
Link Banner

[carousel_slide id=’12211′]

porostimur.com | Ternate: Yang Mulia Sultan Tidore, Sultan Husain Sjah, Kamis (22/8) mengeluarkan maklumat (Idin Kolano) kesultanan yang ditujukan kepada seluruh Masyarakat Maluku Utara, untuk melindungi dan menjamin keamanan serta kenyamanan mahasiswa asal Papua yang berada di wilayah Maloku Kie Raha.

Maklumat Jo,Ou Sultan tersebut dikeluarkan dalam rangka menyikapi berbagai insiden yang menimpa mahasiswa asal Papua di sejumlah kota di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

“Ini menjadi keputusan yang sangat penting dalam hidup saya sebagai seorang Sultan Tidore. Saya tidak terima adik-adik mahasiswa asal Papua dicederai, bukan hanya tubuhnya, tetapi juga jiwa dan perasaannya,” tuturnya sang Sultan.

Mantan Panglima Angkatan Laut Kesultanan Tidore ini mengatakan, melindungi Mahasiswa Papua adalah bagian dari tanggung jawab dirinya selalu Sultan.

Baca Juga  Apresiasi dari Pejuang Lapangan Hijau untuk Pahlawan Medis, Kita Akan Menang

Oleh sebab itu, Ia beserta segenap perangkat kesultanan dan rakyat Tidore tidak menerima tindakan diskriminasi atau bentuk pelecehan lain yang menistakan orang Papua.

“Saya mohon untuk itu tidak keluar dari lisan dan bahkan pergaulan orang Maluku Kie Raha,” fatwa Sultan Husain Sjah.

Lebih jauh, Sultan Husain Sjah, menuturkan, Kesultanan Tidore memiliki hubungan historis yang sangat panjang dengan Papua.

Sultan Nuku misalnya, telah menjadikan Papua sebagai basis perlawanan dan aliensi yang kokoh ketika berperang melawan Belanda.

Peta wilayah Kesultanan

Menurut Sultan Husain Sjah, para Sultan terdahulu telah membangun relasi yang kuat dengan orang Papua. tidak hanya secara politik dan ekonomi, tetapi juga secara kekeluargaan melalui pernikahan, dan hal itu sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu.

Baca Juga  Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Ambon Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Pendatang

“Untuk itu kita adalah Papua dan Papua adalah kita. Kalau ada yang menyakiti Papua, itu sama dengan merdeka menyakiti kita”, ucap Sultan Husain.

Sultan Husain juga mengajak seluruh orang yang ada di Maluku Utara untuk menjadikan teman atau saudara dari Papua sebagai bagian keluarga dari darah yang sama.

“Karena luka mereka adalah luka kita dan kesenangan mereka adalah kesenangan kita, maka kebahagiaan mereka adalah kebahagiaan kita semua,” titah Sultan Husain. (red).