Lomba UKM dan Kuliner Ramaikan Puncak Acara FKJ

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Lomba UKM dan Kuliner antar Desa sekecamatan Pulau Manipa, turut meramaikan puncak Acara Festival Kapitan Jongker (FKJ) yang berlansung di Desa Tumalehu Barat.

Perlombaan tersebut bertujuan untuk memotivasi UKM dan Kuliner yang ada dalam mengemas hasil kreatif sesuai dengan bakat dan keahlian pada UKM dan kuliner masing-masing, sehingga apa yang menjadi kekurangan dan kebutuhan mereka nantinya.

Demikian disampaikan salah satu dewan juri Rio Pelu, usai mengumumkan hasil perlombaan, Rabu (29/9/2021).

Pelu mengatakan, Peserta lomba akan diberikan hadiah berupa uang tunai dan intensif bagi peserta yang mendapat juara 1,2 dan 3. Sedankan bagi peserta yang tidak meraih juara juga diberikan intensif oleh Dispar Provinsi Maluku.

Pelu yang juga menjabat sekertaris Dispar Provinsi Maluku, menjelaskan, penilaian yang dilakukan dewan juri bersandar pada kriteria yang ada, misalnya, lomba sagu tumbu, yang dinilai bukan masalah rasa yang menurut mereka enak, tapi enak menurut pembeli, karena dari hasil yang ada akan dipromosikan.

Baca Juga  Empat Keluarga Jokowi Maju Pilkada, Pigai: Era Babak Belurnya Tata Krama

Selain rasa yang enak, lanjut Pelu, bentuk kemasannya, model membuatnya, selain rasa manis gulanya, halus dan kasar ketika dicicipi dan lain sebagainya.

Tambah pelu, contohnya, Desa Tumalehu Barat meraih juara satu lomba sagu tumbu dan lomba pertanian karena, hasil sagu tumbu desa tumalehu barat di kemas dengan kemasan yang sesui kriteria dan juga rasanya lebih halus dari sagu tumbu desa lainnya. Begitu juga lomba pertanian, karena hasil pertanian yang ditampilkan memiliki kergaman dan keunikan dalam mengemas hasil kuliner mereka.

Hal demikian juga diberikan penilaian yang sama bagi peserta lomba lainnya.

Bagi peserta lomba perlu mengetahui, bahwa, lomba yang berlansung di panelkan dalam puncak acara Festival Kapitan Jongker hanya bertujuan untuk memotivasi para UKM dan Kuliner yang ada sehingga akan diketahui kebutuhan serta kekurangan apa saja yang perlu di sentuh oleh pemerintah, baik pemerintah Desa, Kabupaten, Pemprov hingga pemerintah pusat. (nur)