Lumowa pimpin rakor pengamanan Operasi Lonceng Siwalima 2018

oleh -52 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Mematangkan pengamanan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional I 27 Oktober nanti di Ambon, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar rapat koordinasi (rakor) pengamanan, di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polda Maluku, Senin (8/10).

Rakor ini dibuka langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa,MM.

Operasi pengamanan kegiatan Pesparani Nasional I ini digelar dengan nama sandi Operasi Lonceng Siwalima 2018.

Rapat koordinasi ini turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol. DR. Akhmad Wiyagus,S.IK,M.Si,MM dan seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku, Ketua Panitia Pesparani Pemprov Maluku, Asops Kasdam XVI/Pattimura, Lantamal IX/Ambon, Lanud Pattimura Ambon, Kepala BPBD Maluku dan Sat Pol-PP Provinsi Maluku, KabagOps Polres Ambon, Ketua Pemuda Khatolik Komisariat Daerah Maluku, Ketua BKPRMI Maluku, Ketua GAMKI Maluku, Ketua AMGPM dan Ketua Komisariat GKMI Cabang Ambon.

Sebagai agenda nasional yang pertama, jelasnya, Pesparani ini juga bertepatan dengan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018.

Baca Juga  PSBB Kota Ambon Masih Dibahas, PSBR Diperpanjang

Untuk itu, tegasnya, dukungan penuh dari unsur pemerintahan, unsur keamanan dan seluruh unsur masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyelenggarakan even yang baru pertama kali diselenggarakan secara nasional ini.

”Kegiatan ini juga bertepatan dengan agenda nasional lainya yaitu Pemilu 2019 dimana saat ini kita sudah berada pada tahap massa kampanye. Kita sudah memiliki pengalaman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berskala nasional yang berlangsung sukses dan aman. Sebut saja MTQ tingkat Nasional, Hari Pers Nasional, Kongres HMI, Mubes Fatayat NU dan lainnya. Oleh karena itu Pesparani Nasional I yang diselenggarakan di Ambon ini juga harus sukses dan aman. Oleh karenanya kami berharap agar semua pihak mari kita bekerjasama dalam mensukseskan agenda ini. Kita tunjukan bahwa Maluku aman dan damai,” tegasnya.

Baca Juga  Ngeri! Reporter Lintas Batas Sebut Polri Bungkam Pengkritik Jokowi Saat Corona

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Operasi (Karo.Ops) Polda Maluku, Kombes Pol Gatot Mangkurat, menjelaskan bahwa ribuan tenaga keamanan dari berbagai unsure pendukung akan dilibatkan dalam proses pengamanan Pesparani I yang akan berlangsung dari tanggal 27 Oktober hingga 1 November nanti.

”Tanggal  25 Oktober Polda sudah menggelar Pengamanan dengan Sandi Lonceng Siwalima 2018.  Sebanyak 1.312 personel TNI dan Polri dilibatkan. Sebanyak 679 personel dari Polda Maluku dan 440 dari anggota TNI, sisanya dari Satpol PP,  Organisasi Pemuda dll,” pungkasnya. (keket)