Manfaat dan Hikmah Selalu Berbaik Sangka dalam Kehidupan

oleh -9 views

Sikap husnuzan (berbaik sangka) dalam menjalani kehidupan sangat penting. Mengapa setiap muslim harus bersikap husnuzan dan apa manfaatnya?

Pengertian perilaku husnuzan menurut bahasa berasal dari lafal bahasa Arab ‘husnun’ yang artinya baik dan ‘adzzhonnu’ yang artinya prasangka.

Kata husnuzan berarti prasangka baik yang merupakan lawan dari su’udzan atau prasangka buruk. Sedangkan secara istilah, husnuzan bisa dimaknai sebagai berbaik sangka terhadap segala ketentuan dan ketetapan Allah yang diberikan kepada manusia.

Allah Ta’ala berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Baca Juga  Norwegia Bersama Irlandia dan Spanyol Akui Negara Palestina

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”(QS. Al-Hujurat : 12).

No More Posts Available.

No more pages to load.