Masih Suka Berbohong? Hati-hati, Inilah 7 Balasan yang Bakal Diterima!

oleh -25 views

Selalu berkata jujur dan tidak berbohong , merupakan perbuatan baik yang selalu diingatkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam . Bahkan dalam hadisnya Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bersabda:

“Hati-hatilah dengan banyak bersumpah dalam menjual dagangan karena Ia memang melariskan dagangan, namun malah menghapuskan keberkahan.” (HR. Muslim).

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu;anha, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

“Hendaknya kalian berkata jujur, sungguh kejujuran itu menunjukkan kepada kebaikan, dan sungguh kebaikan itu menunjukkan kepada surga. Seseorang yang selalu jujur dan tetap dalam kejujuran hingga ia pun ditulis di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Jauhkanlah diri kalian dari kebohongan, karena sungguh kebohongan itu menunjukkan kepada kefasikan/kemaksiatan, dan sungguh kefasikan itu akan menunjukkan kepada neraka. Seseorang yang selalu berbohong dan tetap dalam kebohongan hingga ia ditulis di sisi Allah sebagai seorang pembohong.” (Muttafaqun ‘Alaih).

Baca Juga  Arsenal Penuh Ambisi Tatap Musim Baru

Balasan untuk Para Pembohong dan Dalilnya

Ada banyak balasan yang akan diterima para pembohong, berikut di antaranya serta dalil-dalil yang menguatkannya:

1. Tidak akan merasa aman, dan tenang

عَنْ أَبِي الحَوْرَاءِ السَّعْدِيِّ قَالَ: قُلْتُ لِلْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ: مَا حَفِظْتَ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ؟ قَالَ: حَفِظْتُ مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : دَعْ مَا يَرِيبُكَ إِلَى مَا لاَ يَرِيبُكَ فَإِنَّ الصِّدْقَ طُمَأْنِينَةٌ وَإِنَّ الكَذِبَ رِيبَةٌ. (رواه الترمذي)

No More Posts Available.

No more pages to load.