Meski Dianggap Buruk, 5 Kebiasaan Ini Justru Bermanfaat Bagi Kesehatan Lho!

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Banyak orang yang menganggap bahwa kebiasaan buruk jika tidak dihentikan akan memberikan dampak negatif. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, lho, Ladies, karena ada beberapa kebiasaan buruk yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Apa saja? Kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak penjelasan berikut ini.

Melewatkan Sarapan

melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan
melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan/ Foto: Pexels/ George Milton

Biasanya kita tidak bisa lepas dengan sarapan untuk memulai hari sebelum melakukan berbagai aktivitas. Fakta lain mengungkapkan, melewatkan sarapan bisa menyebabkan penambahan berat badan. Namun beberapa penelitian baru-baru ini menemukan hal yang sebaliknya, bahwa melewatkan sarapan bagi sebagian orang justru bisa menurunkan berat badan.

Mengutip laman Insider, melewatkan makan di pagi hari ini dikenal sebagai puasa intermiten dan salah satu yang paling populer. Puasa intermiten biasanya dilakukan dengan cara pantang memakan makanan selama 16 jam dan makan selama delapan jam. Sehingga membuat jam makan bergeser dari jam 12 siang hingga jam 8 malam, dengan begitu jam sarapan akan dilewatkan.

Manfaat dari puasa intermiten yang melewatkan sarapan yakni dapat mengurangi risiko terjadinya kanker tertentu bahkan memperpanjang usia hidup.

Baca Juga  "Wansosa" Bawa Bupati Hendrata ke Acara Kick Andy

Minum Kopi

Minum kopi secara teratur bermanfaat bagi kesehatan
Minum kopi secara teratur bermanfaat bagi kesehatan/ Pexels/ Andrea Piacquadio

Saat ini, kebiasaan minum kopi sudah menjadi tren di kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan anak muda hingga usia lanjut turut dalam tren kopi ini. Selain itu, berbagai varian menu yang ditawarkan pun menarik masyarakat untuk mencoba mengonsumsinya. Namun, kopi sering dikaitkan dengan adanya risiko kanker.

Ada sebuah penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur justru dapat berkaitan dengan penurunan risiko kanker, melindungi terhadap diabetes dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Tetapi dokter menyarankan untuk membatasi asupan kafein hingga 400 mg per hari atau hanya 3-4 cangkir dalam sehari.

Baca Juga  Cabuli siswi sendiri, MS meringkuk di Polsek Saparua

Tidur Siang

Tidur siang bisa mengembalikan energi setelah begadang
Tidur siang bisa mengembalikan energi setelah begadang/ Pexels/ Ketut Subiyanto

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tidur di siang hari sebenarnya dapat dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang signifikan, terutama jika kamu telah begadang semalam. Penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity di mana para peneliti membandingkan efek tidur siang 30 menit dengan efek tidur 10 jam pada orang yang sengaja kurang tidur.

Para peneliti menemukan bahwa tidur siang dapat membantu mengembalikan biomarker kekebalan utama, yang turun setelah tidak tidur, ke tingkat normal, bahkan dapat membantu beberapa orang dalam memecahkan masalah ketika energi serta fokus berkurang.

Melewatkan Mandi

Sesekali tidak apa untuk melewatkan mandi
Sesekali tidak apa untuk melewatkan mandi/ Foto: Pexels/ Yan Krukov

Salah satu kebiasaan tidak mandi sering dianggap jorok bahkan buruk, tapi jangan dianggap salah, lho. Ternyata melewatkan mandi justru memberikan manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Real Buzz, penelitian menunjukkan jika tidak mandi dapat membantu kesehatan diri sendiri dan lingkungan.

Baca Juga  Aktivitas di Kantor Walikota Ambon pun Normal Kembali

Mandi setiap hari tidak hanya menghilangkan minyak alami pada kulit yang membuat tetap terhidrasi dan kenyal tetapi juga bisa menghilangkan bakteri baik pada kulit yang membantu mencegah penyakit.

Melewatkan mandi untuk sesekali mungkin nggak apa-apa, tapi yang perlu diingat jangan sampai kamu nggak mandi selama berhari-hari hingga mengeluarkan aroma yang kurang sedap ya.

Melamun

Melamun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan
Melamun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan/ Foto: Pexels/ SHVETS production

Banyak dari kita memandang kebiasaan melamun sebagai tanda kemalasan atau bentuk penundaan, tetapi peneliti dari University of British Columbia telah menemukan bahwa membiarkan pikiran mengembara, sebenarnya dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, lho.

Sebuah studi menemukan bahwa ketika pikiran peserta mengembara, bagian otak mereka yang terkait dengan pemecahan masalah menjadi lebih aktif daripada ketika fokus pada tugas-tugas rutin.

Ladies, itulah beberapa kebiasaan yang sering dianggap buruk tapi justru memberikan manfaat bagi kesehatan. Kamu harus ingat, kebiasaan tersebut jangan terlalu berlebihan untuk dilakukan, ya? Karena dikhawatirkan bisa berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.