MSI Malut dan FIB Unkhair Hadiri Seminar dan Peringatan Hari Sejarah Nasional di Bandung

oleh -54 views

Porostimur.com, Ternate – Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia (PP MSI) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menggelar peringatan Hari Sejarah Nasional, sekaligus dengan  Seminar sejarah dan rapat koordinasi nasional (Rakornas) MSI berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Badung, 14-15 Desember 2023 kemarin.

Kepada porostimur.com, Ketua Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Unkhair Jainul Yusup mengungkapkan, pihaknya telah diundang pada kegiatan nasional, terutama yang membidangi bidang sejarah.

“Semua Prodi Ilmu Sejarah, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Sejarah dan MSI di seluruh Indonesia dan diminta dari masing-masing prodi itu untuk berkesempatan mempresentasikan materinya,” tutur Jainul melalui keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023). 

Baca Juga  Babat Turki 3-0, Portugal Pastikan Tiket ke 16 Besar

Jainul bilang, dari presentasi materi itu, dirinya mewakili Prodi Ilmu Sejarah Unkhair dan juga MSI, dengan membawakan materi tentang “Kelompok Sosial Gouvernement Onderdanen” (Warga Pemerintah Pada Masyarakat Perkotaan Ternate di Masa Kolonial).

Materi tersebut menurut dia, berkaitan dengan sejarah perkotaan abad 16-20, ketika bangsa Eropa datang ke Maluku Utara mencari rempah-rempah, dan turut memengaruhi kehidupan sosial budaya, terutama di Ternate.

No More Posts Available.

No more pages to load.