Musisi Hebat Tanpa Pengakuan Grammy Awards

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Banyak artis musik hebat yang dianggap sebagai pelopor dan legenda tetapi tidak pernah sekalipun mendapat penghargaan Grammy.

Siapa saja mereka?

1. Bob Marley

Musik karya Bob Marley tidak pernah menunjukkan tanda-tanda memudar. Meskipun sudah meninggal pada 1981, Marley tetap menjadi salah satu artis musik paling ikonik dan memiliki jutaan di seluruh dunia.

Dia dianggap sebagai sosok yang mempopulerkan musik asli Jamaika, reggae, ke seluruh dunia. Bob Marley pun dianggap sebagai symbol simbol budaya Jamaika.

Link Banner

Album Legend milik sang legenda sudah terjual lebih dari 15 juta kopi sampai saat ini.

Bahkan sampai hari ini album itu masih terjual antara 3.000 hingga 5.000 kopi per hari, lebih dari 30 tahun sejak dirilis.

Baca Juga  LPSK Desak Jokowi Segera Bentuk TGPF Independen Tewasnya 6 Anggota FPI

Dunia musik kehilangan ketika Bob Marley meninggal. Namun Recording Academy tidak pernah mengakui bakatnya.

Grammy memang memberinya Lifetime Achievement Award pada 2001.

Bob Marley juga dinominasikan untuk Best Music Film dan Best Pop Collaboration with Vocals pada 2002, tetapi dia tidak menang.

2. Snopp Dog

Rapper Snoop Dogg menghadiri Levi's® All-Star Weekend Ball-B-Q with Just Don and Snoop Dogg di Heist Brewery, Charlotte, North Carolina, pada 16 Februari 2019. Rapper Snoop Dogg merilis 16 album yang terjual lebih dari 25 juta kopi sepanjang kariernya. Dia dianggap berjasa mengubah gaya rap.

Meskipun mendapat 17 nominasi, pemilik nama asli Cordozar Calvin Broadus Jr tidak pernah satu kali pun dianugerahi Grammy Awards.

3. The Who

Roger Daltrey (kiri) and Pete Townshend dari band asal Inggris The Who tampil di Toyota Center pada konser The Who, Moving On!, di Houston, Texas, pada 25 September 2019.Sebagai band rock Inggris, The Who diberi penghargaan karena memengaruhi dunia musik rock modern.

Band asal Inggris ini dianggap mempengaruhi lanskap musik rock modern. The Who termasuk grup musik yang pertama menggunakan synthesizers untuk struktur musik rock tradisional.

Baca Juga  Kapolda: Operasi Aman Nusa II Siwalima, Upaya Polda Maluku Cegah Covid-19

Band yang dipandegani Pete Townsend dan Roger Daltrey ini juga band pertama yang memasukkan bunyi nonmusik ke dalam lagu-lagunya.

Meskipun memberi sumbangsih besar di dunia musik, The Who tidak mendapatkan Grammy Awards kecuali Lifetime Achievement Award pada 2001.

4. Tupac Shakur

Citra hologram Tupac Shakur ditampilkan di 2012 Coachella Valley Music & Arts Festival di  Empire Polo Field di Indio, California, pada 15 April 2012.  Dunia musik, khususnya hip-hop, tersentak ketika Tupac Shakur ditembak mati pada 13 September 1996. Usianya masih sangat muda, 25 tahun, dan dia berada di puncak kariernya.

Tupac Shakur mengubah wajah genre hiphop dengan memasukkan pesan politik dalam lirik musiknya.

Rapnya sangat rumit sampai-sampai menjadi bahasan di berbagai debat di sejumlah perguruan tinggi bergengsi di AS.

Namun Recording Academy tidak pernah memberinya Grammy sebagai pengakuan atas karyanya.

Baca Juga  DPW PKS Malut Gelar Rakorwil dan Training Orientasi Partai.

Padahal, Tupac dinominasikan pada tahun 1996, 1997 dan pada tahun 2000.

Pada tahun 1996 ia dinominasikan untuk Best Rap Solo untuk lagu “Dear Mama” dan untuk Best Rap Album untuk Me Against the World.

Pada tahun 1997 ia kembali dinominasikan untuk Best Rap Album karena album All Eyez on Me.

Dua lagunya juga mendapat nominasi Best Rap Performance by a Duo or Group, yakni “How Do You Want It” dan “California Love”.”

Tupac mendapat nominasi lagi pada 2000 pada kategori Best Rap Solo Performance untuk lagu “Changes”.

(red/kompas.com)