Para Saksi Jelaskan Selisih Suara di Negeri Sawai Maluku Tengah

oleh -25 views
Saksi Pemohon Fachri Zain hadir pada sidang Mendengarkan Keterangan Saksi/Ahli PHPU Pileg Maluku Tahun 2024, pada Selasa (28/05) di Ruang Sidang Panel 2, Gedung 2 MK. Foto Humas/Teguh

Dikarenakan rekomendasi tak kunjung dilaksanakan, sambung Fachri, para saksi protes dan mendesak PPK untuk menindaklanjutinya. Akhirnya dilakukan penghitungan ulang sebagaimana yang dimaksud, tetapi kembali ada protes dari para saksi.

Sebab, PPK tidak mampu menjelaskan selisih pengguna hak pilih di DPT dan C.Hasil bahwa DPT berjumlah 271 sedangkan pengguna hak pilih 267 sehingga terdapat selisih 4 (seharusnya ada sisa surat suara). Namun pada nyatanya selisih suara partai hanya ada 2 suara, sehingga total seharusnya 265.

“Sehingga kurang 2 suara, akibatnya kami meminta penangguhan penetapan dan akhirnya memang pada TPS 01 tidak ditetapkan dari yang dihitung ulang tersebut dan minta dilanjutkan di TPS 02. Pada TPS 02 terjadi selisih juga, ada 100% pengguna hak pilih dengan DPT 262. PPK tidak mengindahkan keberatan saksi,” jelas Fachri yang juga dibenarkan oleh Risman Rumasoreng sebagai saksi NasDem dan Abdul Mikat sebagai saksi dari PKN.

Baca Juga  Pakai Rompi Oranye dan Borgol Ade Ucu Dikawal ke Ruang Konferensi Pers KPK

Berikutnya Franky sebagai saksi mandat dari Partai Demokrat untuk TPS 07 Negeri Sawai menjelaskan adanya peristiwa calon pemilih yang namanya tidak terdapat pada DPT tetapi hendak menggunakan hak pilih.

Setelah dicermati, calon pemilih yang tidak diketahui namanya tersebut ingin menggunakan hak pilih dari seorang pemilih yang namanya terdapat pada DPT tetapi berstatus telah meninggal dunia.

No More Posts Available.

No more pages to load.