Para Saksi Jelaskan Selisih Suara di Negeri Sawai Maluku Tengah

oleh -25 views
Saksi Pemohon Fachri Zain hadir pada sidang Mendengarkan Keterangan Saksi/Ahli PHPU Pileg Maluku Tahun 2024, pada Selasa (28/05) di Ruang Sidang Panel 2, Gedung 2 MK. Foto Humas/Teguh

Niat ini pun berhasil dicegah karena calon pemilih dihadang oleh pelaksana pemilihan. Sehingga calon pemilih tersebut membatalkan niatnya.

Alasan Pemindahan Lokasi

Harold Yumatheo Pattiasina sebagai anggota KPU (Saksi Termohon) menjelaskan pemindahan lokasi rekapitulasi dilakukan dari Desa Sawai ke KPU Maluku Tengah dengan pertimbangan keamanan.

“Keadaan di kecamatan yang tidak terjamin. Sehingga untuk mempercepat proses rekapitulasi, agenda rekapitulasi dipindahkan karena kami menyadari telah melewati waktu masa penghitungan yang seharusnya dilakukan sejak beberapa hari lalu. Kemudian untuk penghitungan ulang di 8 TPS Negeri Sawai telah dilaksanakan dengan baik, namun khusus untuk TPS 3 tidak dilakukan penghitungan ulang karena tidak ditemukan ketidakcocokan angka,” tukas Harold.

Baca Juga  PN Jaksel Tolak Praperadilan Ade Ucu, Eks Ketua Gerindra Malut yang Juga Tersangka Suap

Dalam Sidang Pendahuluan pada Selasa (30/4/2024) lalu, Pemohon menguraikan persandingan perolehan suara pada beberapa daerah pemilihan, di antaranya di Kecamatan Seram Utara, Kecamatan Seram Utara Barat, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kecamatan Seram Utara Timur Seti. Untuk itu, Pemohon memohonkan pembatalan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 360 Tahun 2024 sepanjang Dapil Maluku Tengah 2.

Sehingga menetapkan perolehan suara yang benar menurut Pemohon untuk pengisian keanggotaan DPRD Kabupaten/Kota sebagai berikut: Kecamatan Seram Utara, Partai Gerindra memperoleh 2.198 suara, PDI Perjuangan memperoleh 927 suara, dan Partai Perindo memperoleh 853 suara; untuk Kecamatan Seram Utara Barat, PDI Perjuangan mendapatkan 961 suara dan Partai Perindo mendapatkan 821 suara; untuk Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, PDI Perjuangan memperoleh 1.025 suara dan Partai Perindo memperoleh 230 suara; untuk Kecamatan Seram Utara Timur Seti, PDI Perjuangan mendapatkan 259 suara dan Partai Perindo mendapatkan 1.270 suara; memintakan kepada KPU untuk menjalankan keputusan ini. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.