Pasar Restorasi UMKM Binaan Partai NasDem Ramaikan Kongres

oleh -112 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Kongres II Partai Nasdem yang bertemakan “Restorasi untuk Indonesia Maju” juga sekaligus diisi kegiatan Pasar Restorasi. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, panitia mengundang UMKM binaan Partai Nasdem untuk menampilkan produk dan memberikan workshop.

Pasar Restorasi dibuka pada hari kedua Kongres, Sabtu (9/11/2019) oleh tokoh Nasdem yang juga Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel.

Dalam kesempatan itu, Rachmad Gobel menjelaskan, Pasar Restorasi bukan hanya kegiatan pameran biasa atau untuk memeriahkan Kongres II Partai Nasdem. Tetapi kegiatan itu telah direncanakan sebagai komitmen Partai Nasdem untuk mendorong UMKM di Indonesia.

“UMKM adalah salah satu fondasi kekuatan ekonomi kita sehinga kita harus mendorong produk lokal menjadi produk nasional. Ini adalah harapan yang kami dorong,” kata Rachmad Gobel, di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Rachmad menegaskan hal tersebut bukan sekadar retorika. Menurutnya, optimisme tersebut sejalan dengan kerja pemerintah yang telah membangun infrastruktur selama periode pertama.

Baca Juga  Hanubun Pimpin Tim Tinjau Lokasi Budidaya Rumput Laut di Pulau Nai

“Kita tahu bahwa selama lima tahun pertama pemerintahan Presiden Jokowi telah banyak membenahi dan membangun infrastruktur. Hal itu dilakukan untuk memudahkan bagaimana ekonomi bisa mendorong kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia sendiri, baik dari hasil perkebunan, kelautan, pertanian dan sebagainya,” ungkapnya.

Dijelaskan, persoalan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah tidak mampu menghadapi produk-produk dari luar negeri.

Nasdem menyadari hal ini, dan dalam 5 tahun ke depan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mengembangkan produk lokal berdaya saing mampu menjadi produk nasional.

“Produk luar sudah mulai merajai pasar Indonesia. Tidak sedikit industri kecil kita dengan serangan dari luar dan globalisasi membuat kita tidak mampu dan berdaya,” ucapnya.

Baca Juga  Fresh and Shining, Ikuti 5 Ide Outfit Lilac Super Simpel untuk Hijabers

Presiden Jokowi, tambah Rachmad, memiliki misi membangun ekonomi dari pinggiran. Sehingga, untuk bisa menjabarkan perintah dari Presiden, perlu didorong usaha kecil dari desa-desa.

“Kita punya kekayaan yang harus diolah sehingga memiliki nilai tambah. Kita berharap dalam lima tahun ke depan, program yang dibuat pemerintah dan seiring dengan keinginan Partai NasDem, kita bisa membangun ekonomi yang kuat,” kata Rachmad Gobel.

Jurnalis porostimur.com, Saima Salasiwa melaporkan dari arena Kongres II Partai NasDem melaporkan, Pasar Restorasi diikuti 25 UMKM yang terpilih dari seleksi 200 lebih pendaftar. Panitia melakukan seleksi berdasarkan kategori jenis usaha dan besaran modal. Seluruh peserta UMKM yang membuka stand pameran diberikan tempat secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga  Kerja Sama Nadiem Makarim Dengan Netflix Bukan Terobosan Tapi Kebobolan

Menurutnya, ada tiga jenis usaha UMKM pada Pasar Restorasi di Kongres II Partai NasDem tersebut meliputi usaha kuliner, fashion dan agribisnis. Semua UMKM terpilih mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil produk mereka di atas panggung besar Pasar Restorasi.

Kegiatan itu diadakan selain untuk memperkenalkan produk UMKM, juga untuk menjadi sarana bertemunya sesama UMKM.

Panitia berharap adanya berbagi pengetahuan (transfer knowledge) antara satu UMKM dengan yang lainnya. Selain itu, diharapkan adanya sinergi UMKM dengan pengusaha besar. (ima)