Pengamat Sebut Menteri Jokowi Mulai Setengah Hati

oleh -63 views
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengundang Menteri Kabinet Indonesia Maju untuk buka puasa bersama (bukber) di Istana Negara, Kamis, 28 Maret 2024. (Beritasatu.com/Ilham Oktafian)

Porostimur.com, Jakarta – Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Indonesia, Arifki Chaniago, menilai sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai setengah hati mengemban tugasnya di ujung masa pemerintahan.

“Saya masih melihat bahwa para menteri di ujung masa kekuasaan Pak Jokowi ini setengah hati,” ujar Arifki melansir Beritasatu.com, Rabu (19/6/2024).

Arifki membeberkan hal yang membuat sejumlah menteri terlihat setengah hati. Hal itu, lanjutnya, karena sebagian menteri mempersiapkan dirinya agar dilirik masuk ke pemerintahan selanjutnya yang dipimpin Prabowo Subianto.

“Ini soal skema seberapa baik dari para menteri ini mengukur diri apakah secara kelayakan maupun hubungan emosional masih dihitung oleh Pak Prabowo atau tidak karena memang kalau kita melihat usaha-usaha para menteri ini kan tentu lebih setengah-setengah,” ucap Arifki.

Baca Juga  Luncurkan Antologi Kedelapan, Dino Umahuk: Penyair Besar Butuh Keteguhan dan Kesabaran

Dia memaparkan, setelah KPU menetapkan pemenang Pilpres 2024, beberapa menteri khususnya yang berasal dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai gabungan partai pendukung Prabowo, kini terlihat mengambil panggung politik dan menonjolkan diri agar mendapatkan tempat di pemerintahan selanjutnya.

“Ada orang Pak Prabowo, orang Mas Gibran dan juga orang Pak Jokowi. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan mungkin sekitar 34 kursi kementerian atau 40 kalau bisa ditambah. Dengan kecilnya kuota kementerian ini kan mau enggak mau paling kanibal juga. Artinya oke dulu kita punya musuh yang sama, tetapi ketika misalnya musuh sudah dikalahkan kita bersaing juga untuk memperebutkan kursi menteri,” imbuh Arifki.