Peringati Hari Rimbawan Ke 38 Tahun, Alumni Rimbawan Kepsul Lakukan Penanaman Mangrove

oleh -140 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Memperingati Hari Bakti Rimbawan yang ke 38 Tahun, Alumni Rimbawan Kepulauan Sula (Kepsul) melakukan temu kangen antara alumni Kehutanan dan melakukan kegiatan penanaman pohon di tempat wisata Wakayoya, Desa Mangega, Kecamatan Sanana Utara, Selasa, (16/3/2021).

Kegiatan yang bertema “Hutan Lestari untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat” itu, dihadiri oleh para senior Kehutanan, dan juga Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara, Hi. Safi Pauwah, SH.

Ketua Panitia, Janaidi Ode Ali, S Hut dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang dilakukan kali ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan oleh Alumni Rimbawan Kepulauan Sula.

“Lebih kurang 17 tahun, sejak Kabupaten Kepulauan Sula terbentuk, baru kali ini kami Rimbawan Kepulauan Sula berkesempatan untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan”, ucapnya.

Link Banner

Junaidi bilang, kegiatan yang dilakukan merupakan berkat usulan niat baik salah satu senior, Arman Sangadji, S.Hut melalui pesan grup WhatsApp Rimbawan Kepulauan Sula.

Baca Juga  Mengenal James Richardson Logan, pencetus nama Indonesia

“Ini merupakan niat baik dari Pak Arman Sangadji, S.Hut untuk membangun hubungan silahturahmi melalui akun WhatsApp Rimbawan Sula, sehingga timbul ide dan gagasan dari teman-teman yang untuk melakukan kegiatan ini yang ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia penyelenggara Hari Bakti Rimbawan,” jelasnya.

Junaidi melanjutkan, adapun maksud dari pelaksanaan kegiatan ini, yakni untuk membina keakraban dan silahturahmi antara sesama Rimbawan Sula yang sudah lama tidak terjalin karena dipisahkan oleh aktivitas dan tugas masing-masing. Selain dari maksud kegiatan, adapun tujuan daripada kegiatan ini, yakni untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar tetap melestarikan lingkungan hidup, terutama hutan di Kabupaten Kepulauan Sula yang kita cintai.

Junaidi menyebut, jenis tanaman dan jumlah bibit yang akan ditanam. “Pertama, jenis mangrove (Rhizophora SP) sebanyak 70 pohon. Kedua, jenis tanaman pantai, yaitu Ketapang sebanyak 20 pohon, dan Nyamplung (Capulong) sebanyak 20 pohon.

Baca Juga  Dua Hari Aksi di Lapangan, Polwan Cantik Polres Bitung Tindak 321 Pemotor

Junaidi juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi.

“Atas nama Rimbawan Sula, kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga terlaksananya kegiatan ini. Semoga niat baik dari Bapak Ibu, menjadi nilai ibadah di sisi Allah SWT,” tukasnya.

Terpisah, Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Komisi II yang membidangi Kehutanan, H. Safi Pauwah, SH menyampaikan apresiasi positif kepada seluruh Rimbawan Sula atas pelaksanaan kegiatan yang dilakukan.

“Saya sangat memberikan apresiasi positif kepada junior Rimbawan Kepulauan Sula yang punya gebrakan kegiatan yang memang menurut saya cukup baik dan bagus. Karena kita berpikir soal kelestarian lingkungan alam terlebih khususnya, maka ini menjadi tanggung jawab kita semua, yakni berbagai elemen dan masyarakat”, ungkapnya saat diwawancarai usai acara penanaman pohon.

Baca Juga  Pemkab Kepulauan Sula Segera Tangani Tanjakan Mantua

Mantan Kadis Kehutanan Kabupaten Kepulauan Sula itu pun berharap, agar mangrove yang ada di daerah pesisir perlu untuk tetap di jaga dan dilestarikan.

“Mangrove yang ada di lingkungan pesisir perlu untuk kita jaga dan dilestarikan, karena mangrove ini punya kontribusi sangat besar terhadap lingkungan, terutama di daerah pesisir,” tutupnya. (at)