PLTD Botang Lomang Bakal Rampung 2021

oleh -70 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: PT. PLN Persero Wilayah Maluku- Maluku Utara melalui UP3 Kota Ternate, merencanakan pengoperasian PLTD Kecamatan Botang Lomang rampung pada tahun 2021.

Hal ini disampaikan Gamal R Kambey, Manejer UP3 Ternate kepada wartawan porostimur.com, di ruang kerjanya Senin, (21/12/2020).

Kambey mengatakan perencanaan tersebut sudah direncanakan pada tahun 2019 lalu, namun pihaknya terkendala dengan pengadaan mesin pembangkit listrik.

“Kami kemarin terkendala dengan pengadaan pembangkit listrik. Karena kemarin pembangunan jaringannya sudah selesai, kemudian Central PLTDnya sudah selesai namun terkendala dgn pembangkit listrik sebab pengadaannya harus di pusat,” tutur Gamal.

Menurutnya soal mesin pembangkit listrik untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara pengadaannya harus dari pusat.

Baca Juga  Mendikbudristek Luncurkan Gernas BBI Aroma Maluku

“Baik di Ternate maupun di Ambon. semuanya harus dari pusat. Selain itu informasi terakhir soal kendalanya pambangkit listrik, sebab adanya aturan kementrian SDM yang belum mengijinkan PLN melakukan pengadaan langsung terhadap pembangkit listrik yang berbahan HSD Energi Baru Terbarukan EBT,” kata Gamal.

“Jadi sekarng program pemerintah ke penggunaan energi baru terbarukan. tapi kami dari wilayah maluku maluku utara sudah kami rencanakan agar bisa di operasikan secara bertahap termasuk PLTD di Bajo Kecamatan Botang Lomang,” tambahnya.

Mesin pembangkit listrik sendiri kata Gamal dimungkinkan menggunakan unit mesin di salah satu daerah yang memili unit lebih.

“Kami tidak mengadakan mesin baru tapi kami merelokasikan mesin dari beberapa unit yang sudah surplus, contoh seperti dari Bacan kita pindahkan ke Botang Lomang satu unit mesin untuk kita operasikan,” tuturnya.

Baca Juga  BMNU Kepulauan Sula Minta Polres Usut Dana Pembangunan Tiga Sarana Ibadah

Gamal bilang, pihaknya berharap ada dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat sehingga proses pengadaannya lebih cepat. ” disamping itu juga kami kordinasikan dengan pemerintah daerah setempet untuk bisa membantu kami dalam pengadaan mesinnya,” tutup Gamal. (adhy)