Pukul Manyapu Negeri Mamala Resmi Miliki Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal

oleh -67 views

Porostimur.com, Ambon – Setelah berproses panjang dalam penyusunan dokumen oleh asal-asul pemuka adat Negri Mamala, akhirnya Prosesi Adat Pukul Manyapu resmi didaftarkan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) pada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Senin (22/5/2023)

Melalui Kanwil Kemenkumham Maluku, penyerahan Sertifikat KIK diberikan secara simbolis mewakili Kakanwil Kemenkumham Maluku, yaitu Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ernie Nurhayanti Toelle kepada Dinas Pariwisata Maluku sebagai Fasilitator dan Masyarakat Adat Negri Mamala sebagai Pemilik Budaya.

“Informasi yang saya dapatkan, sudah kurang lebih 2 Tahun mereka melakukan riset mendalam dari penuturan para pemuka adat sehingga bisa sama-sama memiliki 1 Asal-usul untuk pengajuan KIK ini. Event tahunan yang dilakukan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Wisatawan. Sehingga sangat dirasa perlu untuk di daftarkan dalam KIK. Ekspresi Budaya Tradisional Baku Pukul Menyapu yang kini terdaftar dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional KIK Indonesia ini menjadi salah satu bukti komitmen pemerintah dalam melindungi seluruh keragaman Budaya dan Kultur turun temurun yang harus dilestarikan dan di jaga keberlangsungannya,” ujar Ernie.