Puncak Gernas BBI Aroma Maluku Digelar November ini

oleh -23 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, (Gernas BBI) mengusung tema Aroma Maluku, acara puncak akan digelar pada November 2021.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelenggaraan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras Dudi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Saryadi, mengatakan konsep acara dilakukan offline dan online secara casual dan interaktif dari kota Ambon, tepatnya berlokasi di lapangan Tahapary Polda Maluku, Tantui, Ambon.

“Akan dibuka booth pameran untuk produk-produk UMKM lokal, mulai dari  kerajinan dan kuliner khas Maluku/Ambon, rencananya ada 16 booth pameran,” terang Saryadi dalam acara daring, Minggu (21/11).

Disebutkan peluncuran Aroma Maluku sebagai bagian dari rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang akan dilakukan secara simbolis oleh para Menteri dan Gubernur.

Menampilkan  artis Nasional yang berdarah Maluku/Ambon untuk mengisi sajian hiburan music dan akan ada tarian tradisional sebagai daya Tarik bagi para penonton live streaming.

Baca Juga  DPW IMOI Maluku Gelar Pelantikan dan Dialog

Sebelumnya Dirjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto pada peluncuran Gernas BBI Aroma Maluku melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Jumat (24/9/2021) lalu menyebutkan acara puncak sudah ditetapkan dan akan dilaksanakan pada November 2021 di Provinsi Maluku dengan mengusung tema Aroma Maluku.

Disebutkan Gernas BBI Aroma Maluku ini merupakan kelanjutan dari berbagai acara-acara yang digilir kepada kementerian, seperti Pelangi selama bulan lalu, kemudian karya kreatif Jawa Barat. Lokal keren Jatim, dan sebagainya.

Melalui Ditjen Vokasi bersama-sama dengan Ditjen Kebudayaan, Ditjen Diktiristek dan seluruh eselon 1, eselon II di Kemendikbudristek, dan seluruh satuan Pendidikan, benar-benar akan melaksanakan amanat ini dengan sebaik-baiknya, terutama berkolaborasi dengan pemerintah daerah Maluku, serta didampingi oleh beberapa mitra-mitra strategi yaitu Garuda Indonesia, BI, RRI, TVRI, Antara, Trans group, dan berbagai stakeholder dan mitra-mitra yang membantu kita semua.

Baca Juga  Kadinkes Kepulauan Sula Ungkap Fakta Baru Terkait Temuan APD di Isda

“Dukungan penyelenggaraan BBI Aroma Maluku juga diberikan oleh Kementerian Kominfo dan Bank Indonesia,” paparnya.

Beberapa rangkaian kegiatan Gernas BBI yang telah disiapkan  antara lain pelaksanaan lomba UMKM dan konten video, pelaksanaan webinar dan lokakarya tercatat ada 10 webinar, dan 5 workshop/lokakarya, pelatihan UMKM hingga puncak acara yang dilaksanakan pada sekitar 16 November 2021.

10 webinar tersebut antara lain webinar entrepreneurship, marketing strategy, marketing produk, copywriting, online shop, public speaking, branding dan lain sebagainya. Termasuk juga festival workshop dan pameran dalam event bertajuk jalur rempah di 13 titik yang akan dikomandoi atau dikoordinasikan oleh Ditjen Kebudayaan. Untuk event jalur rempah ini, antara lain ada di Banda, Maluku, Ternate, Makasar, Banjarmasin, Bintan, Belawan Medan, Aceh, Padang, Banten, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali, mulai Juli hingga Oktober 2021, serta pemajuan kebudayaan desa di 12 desa di Maluku oleh Ditjen Kebudayaan.

Baca Juga  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020

(red/infopublik)