Ratusan Warga Oba Gelar Unjuk Rasa Desak Polres Tikep Adili MSR

oleh -6 views

Porostimur.com, Tidore – Ratusan warga daratan Oba, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, menggelar aksi unjuk rasa guna mendesak Polres Tikep mengadili M. Syamsul Rizal Hasdy.

Dalam pantauan media ini, masa aksi dari daratan Oba, Kaiyasa sampai Nuku mendatangi Polres Tidore menggunakan sound sistem dengan tujuan menyampaikan aspirasinya.

Bakal calon Wali Kota Tidore itu, telah dilaporkan atas dugaan penghinaan dan rasisme terhadap masyarakat Oba saat menggelar acara silaturahmi di Kelurahan Mareku pada 23 September 2022 kemarin.

Laporan tersebut disampaikan lewat demonstrasi dengan tujuan agar Kapolres Tidore mengakomidir aspirasi mereka.

“Kami dari warga Oba yang datang di Polres Tidore ini, atas kesadaran hukum untuk mengadukan MSR atau Syamsul Rizal Hasdy,” ungkap salah satu warga Oba dalam orasinya, Idham Sabtu, Senin (26/9/2022).

Ia tegaskan, bahwa kedatangan kami bukan dalam keadaan mabuk, tetapi untuk menuntut keadilan atas stetmen yang dikeluarkan oleh Syamsul Rizal Hasdy.

Dari ucapan itu, sangat menyinggung perasaan warga Oba, mulai dari Kayasa sampai dengan Nuku.

“Kehadiran kami di depan kantor kepolisian Kota Tidore ini, dengan sadar bahwa orang Oba tahu Republik ini adalah negara hukum. Untuk itu, pihak Kepolisian harus tegakan hukum dan harus adili serta tangkap Syamsul Rizal,” ucapnya.

Jika Polres Tidore dalam waktu dekat tidak memanggil Syamsul Rizal, kata Idham, maka masyarakat akan bertnidak sendiri.

“Apabila tidak direalisasi permintaan ini, maka kami orang Oba akan mengadakan hukum rakyat, supaya Syamsul tahu bahwa orang Oba juga bisa,” jelasnya.

Setelah laporan ini kami sampaikan, Idham menambahkan, tolong direalisasikan dan hukum ditegakan seadil-adilnya terhadap Syamsul Rizal Hadlsdy.Jangan memandang siapa itu dia Syamsul.

Tak hanya itu, mereka juga menyampaikan tuntutan warga Oba ini kee Polda Maluku Utara untuk meminta mengintervensi dan menyelesaikan kasus tersebut.

Kapolres Tidore AKBP. Setyo Agus Hermawan saat menemui massa unjuk rasa mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik aspirasi yang di sampaikan pendemo tersebut.

“Dari Polres pada prinsipnya, selaku aparat penegak hukum dan selaku aparat yang menjaga kamtibmas, pasti akan menerima aspirasi pengaduaannya,” pungkasnya.

Setyo Agus pun mengatakan, agar aduan yang disampaikan itu supaya dipetegaskan secara tertulis dan disertai dengan dokumen bukti-bukti lainnya.

“Kita akan tegakan supermasi hukum di wilayah Tidore ini..Jadi silahkan rekan-rekan membikin laporan pengaduaan atas kejadian itu ke SPKT. Yang pasti kita tindaklanjuti. Saya ulangi lagi pastinya kita tindaklanjuti,” jelas dia.

Menurutnya, jika apa yang disampaikan Samsul Rizal Hasdy itu memenuhi unsur-unsur pidana, maka diproses hingga pada tingkat pengadilan.

“Saya akan menjamin hal tersebut. Jadi saya minta silahkan rekan-rekan (pendemo) melaporkan ke SPKT Polres,” ujarnya.

Kapolres berharap agar kasus tersebut di percayakan kepada polisi. Bahkan Ia meminta kepada masyarakat dan seluruh elemen di Oba tidak mudah terprovokasi atas ucapan Samsur Rizal Hasdy. (Culen)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.