Bawaslu SBB Mulai Rekrut Panwaslu Kecamatan

oleh -9 views

Porostimur.com, Piru – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seram Bagian Barat mulai membuka pendaftaran penerimaan seleksi calon panwaslu kecamatan sejak tanggal 21 sampai tanggal 27 September 2022.
Koordinator Devisi Sumberdaya Manusia Organisasi Bawaslu sekaligus Ketua Pokja Penerimaan Panwaslu Kecamatan Rahman Nurlete, S.pd, Senin(26/9/2022), mengatakan penerimaan tersebut berdasarkan pedoman Bawaslu Republik Indonesia yang disampaikan kepada penyelengara kabupaten/kota untuk mempersiapkan penyelengara adhoc, yakni penyelengara di tingkat pengawas kecamatan.

“Dan berdasarkan aturan itu, setiap satu kecamatan keterwakilan 3 orang dan sepanjang dia memenuhi persyaratan,dan telah mengikuti tahap seleksi yang diadakan oleh tim Bawaslu,” ujar Nurlete.

“Nanti setelah pleno kita akan melihat apakah kuota itu sudah terpenuhi. Jika tidak terpenuhi dua kali lipat dari penerimaan, lalu kemudian keterwakilan perempuan apakah sudah memenuhi 30% dari pendaftar. Jika tidak, kita akan membuka pendaftaran kedua sesuai scedul aturan,” imbuhnya.

Nurlete memastikan pendaftaran calon panwas kecamatan ini, gratis, tidak dipungut biaya, dan tidak ada suap menyuap.
“Kita arahkan jika kelengkapan berkasnya masih kurang kita suruh lengkapi dan persyaratan itu sudah disampaikan dalam website Bawaslu SBB,” papar dia.

Nurlete berharap, Bawaslu Seram Bagian Barat dapat menghasilkan penyelenggara adhoc di tingkat kecamatan yang betul-betul memiliki kemampuan untuk dapat mengawal demokrasi di bumi Saka Mese Nusa, dengan melihat hasil tes yang telah dijalani para peserta.

Syarat pendaftaran panwaslu kecamatan:

  1. Foto copy KTP elektronik
  2. Foto copy ijasah terakhir
  3. Pas foto 6 lembar latar merah
  4. Daftar riwayat hidup
  5. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  6. Membuat pernyataan setia kepada pancasila dan uud 1945
  7. Sertifikat vaksin (menimal 1kali vaksin)
  8. Surat keterangan dari pengadilan tidak pernah dipidana
  9. Surat izin dari atasan langsung bagi PNS

(Kahar)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.