Ribuan WNA Ajukan Permohonan Tinggal di Maluku Utara

oleh -6.843 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebanyak 2811 Warga Negara Asing (WNA) mengajukan permohonan tinggal di Maluku Utara. Pengajuan permohonan tempat tinggal di enam Kabupaten/Kota di Malut itu, didomiansi WNA asal Tiongkok.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Teknologi Informasi dan Komuniakasi Kantor Imigrasi Kelas I, TPI Ternate, Valentinus Lucky, Kamis (8/7/2021).

Ia mengatakan, awal Januari hingga Juli 2021, @Kantor Imigrasi Ternate mencatat sebanyak @ orang WNA mengajukan surat permohonan @atinggal di enam Kabupaten/Kota di Maluku a@Utara.@

“Kantor Imigrasi Ternate mengantongi data pengajuan izin tinggal di enam kabupaten/kota wilayah kerjanya di dominasi WNA asal Tiongkok,” katanya.

Valentinus mengatakan, pemberlakuan pengawasan orang asing selama masa pandemi Covid-19 pada dasarnya difokuskan kepada mereka yang mempunyai dokumen lengkap, yaitu izin tinggal di Maluku Utara khususnya wilayah kerja Kantor Imigrasi Ternate.

Baca Juga  Peduli Warga Terdampak Covid – 19, Polres Halsel Kembali Salurkan Bantuan Sosial di Dua Desa

Valentinus menambahkan, biasanya pengajuan izin tinggal dilakukan sebelum WNA masuk, lebih dulu melakukan pengajuan Visa. Selain itu, ada juga beberapa persyaratan-persyaratan administrasi dan harus melakukan tes swab serta sudah melakukan vaksin Covid-19.

“Harus ada pengajuan Visa dulu dan kemudian disetujui oleh Direktorat Jenderal imigrasi, baru WNA bisa masuk ke Indonesia,” tuturnya.

Lucky bilang, pemerintah pusatlah yang memberi izin penerbangan dari luar negeri ke Indonesia, sedangkan Kantor Imigrasi Ternate hanya mengizinkan penerbangan domestik atau antar daerah.

“Dengan berpedoman pada peraturan-peraturan yang ada dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” jelasnya.

Selain itu, Lucky bilang, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait dalam pengawasan WNA yang masuk di wilayah kerjanya Kantor Imigrasi Ternate. Pihaknya juga sudah membentuk tim khusus yaitu Tim Pengawasan Orang Asing ( Tim PORA).

Baca Juga  There Is a Dream

Lucky menambahkan, WNA yang tersebar di wilayah kerja Imigrasi Kelas I TPI Ternate yaitu Ternate, Tidore Kepulauan, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula dan Taliabu.

Berikut WNA yang mengajukan permohonan pada Januari-Juli 2021 sebagai berikut:

  1. WNA Afrika selatan 2 orang
  2. WNA Austria 2 orang
  3. Australia 3 orang
  4. Amerika Serikat 15 orang
  5.  Britania Raya 5 orang
  6. China 2729
  7. Philipina 1 orang
  8. India 4 orang
  9. Italia 1 orang
  10. Japan 1
  11. Kanada 1
  12. Korea Selatan 15
  13. Norwegia 1
  14. Malaysia 5
  15. Rumania 1
  16. Srilanka 7
  17. Singapura 2
  18. Swis 1
  19. Thailand 2
  20. Taiwan 11
  21. Perancis 1 dan 
  22. Jerman 1 orang.

Untuk WNA laki-laki sebanyak 2707 orang dan perempuan sebanyak 104 orang dengan total WNA yang bermohon tercatat 2811 orang. (red)