Rumah Singgah Hanarun, Solusi Dinas Kesehatan Malra Genjot Penanganan Stunting

oleh -32 views

Porostimur.com, Langgur – Pemerintah  Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Kesehatan setempat, terus bekerja keras untuk menggenjot penanganan stunting dengan cara menyiapkan Rumah Singgah Hanarun di 11 kecamatan di kabupaten itu.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Etti Kudubun, selaku penanggung jawab tim, mengatakan, guna menghadapi masalah gizi buruk, pihaknya terus menggenjot penanganan stunting dengan menciptakan Rumah Singgah Hanarun di 11 kecamatan sesuai instruksi pejabat bupati. Hal tersebut disampaikan pada saat peluncuran Rumah Singgah Hanarun di Ohoi Dunwahan, Kecamatan Kei Kecil, Sabtu (9/3/2024).

“Pemerintah masih menghadapi masalah gizi yang berdampak serius pada kualitas sumberdaya manusia. Salah satu masalah gizi yang menjadi konsen pemerintah saat ini adalah masalah tingginya anak balita pendek atau Stunting,” jelasnya.

Baca Juga  Polresta Ambon Amankan Pelaku Judi di Pasar Mardika

Kudubun menjelaskan, secara nasional terget di tahun 2024 akan turun menjadi 14 % dari 17 % di tahun 2023. Stunting di Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun 2023 tercatat 16,5 % dan untuk mencatat target nasional 14 % di tahun 2024 dibutuhkan intervensi tepat dengan analisis kebutuhan dan ketersediaan sumber dana.

“Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara mengembangkan model inovasi pemberdayaan masyarakat dalam upaya percepatan penurunan angka stunting yakni Rumah Singgah Hanarun,” bebernya.

No More Posts Available.

No more pages to load.