Selamat Dari Tsunami, Desa Galala dan Negeri Hative Kecil Bakal Dapat Pengakuan UNESCO

oleh -77 views

Porostimur.com, Ambon – Ratusan Warga Desa Galala dan Negeri Hative Kecil Kecamatan Sirimau Kota Ambon berlarian menyelamatkan diri dari bencana Gempabumi dan Tsunami yang melanda negeri tersebut, menuju ke tempat aman di halaman SMP Negeri 3 Ambon, pada Rabu (12/6/2024).

Adegan tersebut menjadi bagian dari simulasi dalam rangka tahapan verifikasi lapangan oleh Verifikator Tsunami Ready dari Indian Ocean Tsunami Information Center UNESCO, yang mesti dilalui Komunitas Siaga Tsunami (Tsunami Ready Community) Desa Galala dan Negeri Hative Kecil, sebagai Calon Komunitas Siaga Tsunami pertama di Provinsi Maluku, bahkan di Kawasan Timur Indonesia yang diakui UNESCO.

Simulasi ini turut disaksikan oleh Pj. Wali Kota, Dominggus N. Kaya dan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I, Djati Cipto Kuncoro.

Baca Juga  Kapolda Maluku Utara Pimpin Sertijab Lima Kapolres dan Tiga Pejabat Utama

Pj. Wali Kota dalam sambutannya mengatakan pengakuan ini menjadi sebuah kebanggaan, bahwa sebagai calon Komunitas Siaga Tsunami pertama di provinsi Maluku, bahkan di Kawasan Timur Indonesia yang diakui UNESCO, momen ini juga merupakan pengingat bahwa kota Ambon memiliki potensi bencana alam Gempabumi dan Tsunami yang sangat tinggi.

“Kami juga mengapresiasi pemerintah Desa Galala dan Negeri Hative Kecil yang telah membenahi diri dan telah memperoleh pengakuan nasional dari National Tsunami Ready Board (NTRB) Tahun 2023 lalu. Kami memahami, untuk sampai pada tahapan verifikasi memperoleh pengakuan internasional dari UNESCO, tidaklah mudah dan penuh perjuangan. Semua itu tak lepas dari bimbingan dan pendampingan dari BMKG Stasiun Geofisika Ambon dan BPBD Kota Ambon yang tekun membimbing dan setia melakukan pendampingan,” jelas Kaya.

No More Posts Available.

No more pages to load.