Siapakah yang Berhak Mendapat Predikat Haji Mabrur?

oleh -39 views

Apa sebenarnya haji mabrur? Apakah yang semua berangkat menunaikan ibadah haji berhak mendapat gelar tersebut? Bagaimana penjelasan dan dalil-dalilnya?

Sesungguhnya barangsiapa mendatangi Kakbah kemudian menunaikan haji atau umrah dengan baik, tanpa rafats dan fusuuq serta dengan ikhlas karena Allah SWT semata, niscaya Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosanya dan menuliskan jannah (surga) baginya.

Hal inilah yang didambakan oleh setiap mukmin yaitu meraih keberuntungan berupa jannah dan selamat dari neraka. Hal ini sebagaimana dinyatakan Rasulullah SAW dalam hadisnya sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : اَلْعُمْرَةُ إِلَى اَلْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا, وَالْحَجُّ اَلْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا اَلْجَنَّةَ

Baca Juga  KPK Tangkap Muhaimin Syarif, Tersangka Penyuap Gubernur Malut AGK

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah” (HR Bukhari dan Muslim, Bahjatun Nanzhirin no. 1275)

مَنْ حَجَّ لِلَّه فَلَمْ يَرْفُثْ وَ لَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Abu Hurairah ra berkata : “Aku mendengar Nabi SAW bersabda bahwa barang siapa berhaji ke Baitullah ini karena Allah, tidak melakukan rafats dan fusuuq, niscaya ia kembali seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya” (HR Bukhari)

No More Posts Available.

No more pages to load.