Wagub Malut Pantau Pelaksanaan Ujian Sekolah di Halteng

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Weda: Wakil Gubernur Maluku Utara, M.Al Yasin Ali melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Sekolah yang dilaksanakan oleh sejumlah SMA dan SMK di Kabupaten Halmahera Tengah, Jumat (26/3/2021).

Pelaksanaan pemantauan Ujian Sekolah yang dilakukan oleh orang nomor dua di Maluku Utara sudah dilakukan sejak Senin,(22/03/21) kemarin yakni di SMA 01/SMK01 dan SMK 02 Kota Ternate, SMA 01/SMK 01 Kota Tidore kepulauan dan Kamis hingga Jumat hari ini di SMA 01 Weda dan SMK 08 Kabupaten Halmahera Tengah.

Saat dikonfirmasi oleh media ini, Wagub bilang pelaksanaan ujian kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika dahulu penentuan kelulusan siswa ditentukan oleh yang namanya Ujian Nasional maka kali ini  penentuan kelulusan ditentukan oleh 30% hasil Ujian Sekolah dan 70% hasil proses pembelajaran dan pendidikan karakter selama 3 tahun siswa itu bersekolah.

Baca Juga  Jabat Kajari Kepulauan Sula, HMI titipi Haholongan kasus korupsi

“Lain koki lain masakannya, lain pimpinan lain bijaknya”, begitulah karakter kepemimpinan setiap orang, namun meski begitu patut kita apresiasi dan syukuri kebijakan pak menteri pendidikan yang baru ini”, kata mantan Bupati Halteng dua periode ini.

Link Banner

Selain itu kata Yasin, berubahnya kebijakan peniadaan pelaksanaan Ujian Nasional ini sangat menguntungkan siswa maupun pihak sekolah. Hanya saja Dinas Pendidikan dan para kepala sekolah di Maluku Utara harus bisa menjawab tantangan kualitas kelulusan siswa setiap tahunnya.

“Kita harus bisa terus berbenah memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan,  sehingga  kualitas kelulusan setiap siswa itu benar-benar berkualitas,” pungkasnya. (sarjan)