Wakapolda Maluku Ikut Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

oleh -71 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Wakil Kepolisian Daerah Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes M.M., mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi Maluku.

Kehadiran Wakapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku dalam upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Selasa (17/8/2021).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, dan Komandan Upacara Letkol Inf. Rudolf Gleen Paulus, Pabandyajemen Srendam XVI/Pattimura.

Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, bertindak sebagi pembaca teks Proklamasi. Sementara pembacaan doa yakni Kakanwil Agama Maluku, Djamaludin Bugis.

Turut hadir dalam kegiatan itu yakni Ketua PKK Maluku, Wakil Gubernur Maluku bersama istri, seluruh unsur Fokopimda Maluku dan Pemkot Ambon, serta para pimpinan lembaga dan  yayasan terkait yang ada di kota Ambon.

Baca Juga  63 Warga Ambon Datangi GVP Polda Maluku

Untuk pengerek bendera berasal dari tiga siswa SMA di Maluku. Yaitu Burhan Tuarita, siswa SMA Negeri 3, Kecamatan Salahutu, dan pembawa bendera yaitu Dhea Ananda Saputri, siswi MAN 2 Masohi, Kabupaten Maluku Tengah. Sementara dari Maluku Tenggara yakni Charles Efraim Efruan, siswa SMA Negeri 3, Kecamatan Kei Kecil.

Dalam upacara tersebut Gubernur Maluku juga memberikan remisi kepada sebanyak 940 orang narapidana yang diterima secara simbolis oleh 2 orang perwakilan, yaitu Philipus A. Kewilaa dan Quevensi Pattiselano.

Penyerahan bantuan beras dari Presiden RI kepada warga terdampak PPKM di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kota Ambon, juga mewarnai pelaksanaan upacara bendera tersebut.

“Dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan di Lapangan Merdeka, turut dihadiri Bapak Wakapolda Maluku. Kegiatan tadi berjalan dengan aman dan lancar hingga selesai,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat. (keket)

No More Posts Available.

No more pages to load.