Warga Capalulu Nilai Kades Main Mata dengan Inspektorat dan DPMD

oleh -120 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Berlarut-larutnyq persoalan DD dan ADD yang melibatkan kepala desa, membuat warga Desa Capalulu, Kecamatan Mangole Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), menilai Inspektur Inspektorat Kamal Umasangaji dan Kadis Pemberdayaan Masayarakat Dan Desa (Kadis PMD) Abdul Fatah Umasangaji tidak serius.

Warga menduga ada kongkalikong antara kedua pejabat kabupaten itu dengan sang kepala desa M. Ali Umasangaji.

“Kami masayarakat Desa Capalulu menilai, Inspektorat dan DPMD tidak serius dalam pengawasan anggaran DD dan ADD baik Desa Capalulu dan seluruh Desa di Kepsul. Jadi masayarakat capalulu secara keseluruhan meminta Kades Capalulu M. Ali Umasangaji di pecat,” kata Perwakilan warga, Sahrul Ipa.

Sejauh ini kata Sahrul, Inspektorat yang dipimpin Kamal dan DPMD yang dipimpin Abdul Fatah diduga tidak becus dalam pengawasan DD dan ADD di Kepsul, khususnya di Desa Capalulu.

Warga juga menduga ada permainan-permainan yang dilakukan oleh Inspektorat dan Kadis DPMD terhadap Kades Ali umasangaji.

Baca Juga  Amnesty International Nilai Pidato Jokowi Soal HAM di DPR Cuma Omong Kosong

Menurutnya, ada yang tidak beres dalam persoalan ini, sebab meskipun kepala desa tidak pernah memasukkan laporan pertanggung jawaban selama tiga tahun anggaran, faktanya DD dan ADD tetap dicairkan.

Oleh karena itu, kami meminta Inspektur Inspektorat agar segera mengeluarkan hasil audit DD dan ADD Desa Capalulu, ungkap Sahrul Ipa.

Sahrul juga meminta DPRD Kabupaten Kepulauan Sula untuk turun keep Desa Capalulu guna melihat secara langsung fakta di lapangan dan mendengar keluhan dari masyarakat. (ifo/raka)