16 Besar Belanda vs Rep.Ceko

oleh -133 views
Link Banner

Oleh: Noke Mailoa, Pendukung Timnas Belanda

Belanda vs Cekoslowakia menjadi salah satu laga 16 besar Euro 2020 yang ditunggu pencinta sepak bola, khususnya di bumi Maluku. Pertandingan ini akan digelar di Puskas Arena Budapest, Hungaria, pada Senin 28/6 pukul 01.00 WIT.

Tampil menghadapi Ceko, Belanda lebih diunggulkan di atas kertas, selama fase grup Belanda tampil menyakinkan dengan meraih poin penuh.

Republik Cekoslowakia yang merupakan tim non unggulan berhasil melaju ke babak gugur, melalui jalur peringkat 3 terbaik, sebenarnya performa Ceko di fase grup tidak terlalu buruk.

HEAD to HEAD

Belanda dan Ceko tercatat sudah 11 kali bertemu, sejak pertemuan perdana di tahun 1994, dengan hasil Belanda 3 kali menang, seri 3 kali dan 5 kali kalah.

Baca Juga  Hajar Huesca 4-1, Madrid Bertahta di Puncak Klasemen Liga Spanyol

Pertemuan terakhir kedua kesebelasan terjadi pada 14 oktober 2015 (babak kualifikasi euro 2016), kala itu Belanda dikalahkan Ceko dengan skor 2 : 3. Gol Belanda di cetak oleh Huntelar dan van Persie. Ionisnya kemenangan Ceko dibantu oleh gol bunuh diri dari van Persie.

Jika dikerucutkan dari 5 pertemuan terakhir mereka, Ceko masih unggul dari Belanda dengan 3 kali menang dan 2 kali kalah.

Namun jika di lihat dari 6 laga terakhir masing-masing negara dengan lawan yang berbeda, maka Belanda masih lebih produktif dibanding Ceko.

Dalam 6 laga terakhir ini, Belanda kebobolan 4 gol dengan memasukan 20 gol, sedangkan Ceko kebobolan 8 gol dan hanya memasukan 6 gol.

Fakta menariknya, Belanda selalu kalah atas Ceko dalam Piala Eropa, Belanda hanya menang saat pertemuan di Piala Dunia.

Baca Juga  Peringati HUT TNI, Kodam Pattimura Gelar Bakti Sosial

PREDIKSI PERTANDINGAN

Belanda yang diperhitungkan sebagai kandidat Euro 2020, diprediksi bakal kembali bermain agresif.

Georginio Wijnaldum dan Memphis Depay harus dapat berperan sentral dalam permainan dengan dukungan beck sayap kanan Dumfries, yang cukup bersinar selama ini.

Efektivitas dan memaksimalkan peluang akan menjadi salah satu kunci melajunya Belanda ke babak perdelapan besar.

Sedangkan Ceko juga akan menunjukan kolektivitas dan efektivitas yang padu dan mereka akan bertumpu pada Patrik Schick. (*)