4 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Menggantungkan Kebahagiaanmu pada Orang Lain

oleh -10 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Ngomong-ngomong soal bahagia, setiap orang pasti punya alasan sendiri-sendiri untuk bisa bahagia. Ada yang karena melihat anaknya, berkumpul dengan keluarga, membeli makanan enak, jalan-jalan, dan lain-lain. Kalau kamu, apa yang bisa bikin kamu bahagia?

Satu hal yang perlu kita ketahui adalah rasa bahagia kita tidak boleh digantungkan pada orang lain, kalau kamu merasa sulit bahagia mungkin itu karena kamu menggantungkannya pada orang lain, mungkin orang tua, pasangan, atau teman.

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa kamu tidak boleh menggantungkan bahagia pada orang lain.

1. Bahagia adalah Tanggung Jawabmu Sendiri

Bahagia merupakan tanggung jawab masing-masing orang, itulah mengapa kamu tidak boleh menggantungkan bahagiamu pada orang lain karena orang tersebut telah bertanggung jawab untuk bahagianya sendiri. Lagipula, hanya kamu  yang tahu bagaimana caranya membahagiakan diri sendiri.

2. Bahagia Tidak Harus dengan Orang Lain

Siapa bilang bahagia harus dengan orang lain? Kamu bisa kok bahagia dengan dirimu sendiri. Misalnya dengan melakukan me time, nonton film, perawatan diri, jajan, dan lain-lain.

Siapa bilang bahagia harus dengan orang lain? Kamu bisa kok bahagia dengan dirimu sendiri. Misalnya dengan melakukan me time, nonton film, perawatan diri, jajan, dan lain-lain.

Jadi, jangan memaksa orang lain untuk terus membuatmu bahagia, karena buktinya kamu bisa bahagia walaupun sendiri. Kalau ada seseorang yang bisa membuatmu bahagia, bersyukurlah, tapi kalau tidak, itu tidak jadi suatu masalah.

3. Bahagia Bisa Didapat dengan Hal-Hal Kecil

Mau bahagia? Simpel kok, kamu bisa mendapatkannya dengan melakukan hal-hal kecil. Seperti dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai, menjauhi semua hal yang membuatmu tidak nyaman, serta tidak terlalu menuntut diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan bahagiamu sendiri tanpa melibatkan orang lain.

4. Menyakiti Diri Sendiri dan Orang Lain

Menggantungkan rasa bahagia pada orang lain hanya akan menyakiti dirimu sendiri bahkan orang tersebut. Memang dasarnya dia tidak bertanggung jawab  atas rasa bahagiamu, kalau kamu menaruh ekspektasi padanya, maka bisa jadi kamu akan merasa kecewa karena ekspektasimu tidak terpenuhi.

Parahnya lagi, orang itu juga akan merasa rugi karena kamu terus menyalahkannya, padahal dia tidak sepenuhnya bersalah.

Itulah empat alasan mengapa kamu tidak boleh menggantungkan rasa bahagia pada orang lain. Jangan khawatir kalau kamu merasa kesepian padahal memiliki banyak teman, mungkin itulah saatnya kamu menciptakan bahagiamu sendiri.

(red/yoursay)

No More Posts Available.

No more pages to load.