4 Film Dokumenter Indonesia Bertema Lingkungan, Usung Pesan Kehidupan

oleh -14 views
Film Dokumenter Indonesia Bertema Lingkungan. (YouTube/Watchdoc Image)

Porostimur.com, Jakarta – Tema lingkungan selama ini memang sangat jarang dilirik untuk diangkat menjadi sebuah film. Dibandingkan dengan isu sosial yang sudah banyak dijadikan film layar lebar, masalah lingkungan paling banter muncul lewat film dokumenter.

Namun, film dokumenter pun tidak memiliki penggemar sebanyak film lain yang lebih variatif genrenya. Kendati demikian sejatinya film dokumenter Indonesia bertema lingkungan ada cukup banyak. Bahkan film-film dokumenter karya sineas Tanah Air menyajikan fakta dan data di lapangan.

Keberadaan data-data serta fakta yang diungkap dalam film sebenarnya dapat menambah wawasan dan kesadaran akan kondisi lingkungan yang ada. Lalu apa saja film dokumenter Indonesia yang mengambil tema lingkungan? Berikut daftar filmnya.

Baca Juga  10 Perguruan Tinggi Negeri dengan UKT Termahal di Indonesia

1. Asimetris (2028)

Film Dokumenter Indonesia Bertema Lingkungan. (YouTube/Watchdoc Image)
Film Dokumenter Indonesia Bertema Lingkungan. (YouTube/Watchdoc Image)

Film dokumenter yang mengupas masalah lingkungan salah satunya adalah Asimetris. Sesuai namanya, Asimetris tentang ketidakseimbangan dalam upaya meraih untung dengan mengorbankan lingkungan dan warga.

Isu lingkungan yang diangkat tentang industri sawit yang memiliki nilai bisnis besar. Tetapi membuat warga di Sumatera, Kalimantan, hingga Papua menerima dampak negatif pembukaan lahan.

Selain kehilangan pekerjaan, mereka juga merasakan akibat dari asap pembakaran hutan dan lahan gambut. Kebakaran hutan Palangkaraya tahun 2015 menjadi salah satu fenomena yang disorot. Polusi udara ketika itu sampai di angka 1.300 persen yang jelas tidak sehat untuk manusia.

No More Posts Available.

No more pages to load.