5 Debutan Termuda Timnas Belanda Dua Dekade Terakhir, de Ligt Termasuk

oleh -77 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemegang rekor debutan termuda Timnas Belanda dalam dua dekade terakhir adalah Matthijs de Ligt. Pemain berposisi bek tengah ini menjalani debut pada 25 Maret 2017. Saat itu Timnas Belanda menjalani laga kualifikasi Piala Dunia menghadapi Bulgaria. Dalam pertandingan tersebut, de Ligt masih berusia 17 tahun, 7 bulan dan 13 hari.

Kariernya bersinar bersama Ajax Amsterdam hingga akhirnya direkrut raksasa Serie A, Juventus. Meskipun masih cukup muda, de Ligt telah mencatatkan 24 caps dengan torehan 2 gol. Pemain 21 tahun ini tentunya digadang-gadang akan menjadi tumpuan masa depan Belanda.

2. Jetro Willems

5 Debutan Termuda Timnas Belanda Dua Dekade Terakhir, de Ligt Termasukgoal.com

Berikutnya juga merupakan pemain yang beroperasi di lini belakang yakni Jetro Willems. Pemain lulusan akademi Sparta Rotterdam tersebut menjalani debut bersama Timnas Belanda pada 26 Mei 2012. Saat itu timnas Belanda menjalani laga menghadapi Bulgaria dalam laga persahabatan. Dalam pertandingan tersebut, Willems masih berusia 18 tahun, 3 bulan dan 7 hari.

Link Banner

Tak hanya pertandingan tersebut, Willems telah membela Belanda dalam 22 pertandingan hingga saat ini. Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut kini membela Eintracht Frankfurt setelah sebelumnya sempat membela PSV Eindhoven dan Newcastle United.

Baca Juga  Pelajari navigasi, 98 taruna AAU kunjungi Lanud Pattimura

3. Ryan Babel

5 Debutan Termuda Timnas Belanda Dua Dekade Terakhir, de Ligt Termasukbleacherreport.com/VI-Images/Getty ImagesLanjutkan membaca artikel di bawah

Nama Ryan Babel mungkin tak terlalu asing bagi penggemar sepak bola. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini debut bersama timnas Belanda saat menghadapi Romania dalam laga kualifikasi Piala Dunia. Pada pertandingan yang digelar 26 Maret 2005 tersebut, Babel masih berusia 18 tahun, 3 bulan dan 7 hari.

Hingga kini pemain 34 tahun tersebut telah membela timnas Belanda dalam 67 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya, ia menorehkan 10 gol. Meskipun tak lagi menjadi andalan timnas, mantan pemain Liverpool ini masih aktif bermain dengan membela Galatasaray.

4. Rafael van der Vaart

5 Debutan Termuda Timnas Belanda Dua Dekade Terakhir, de Ligt Termasukuefa.com

Sebelum pemain-pemain tersebut, Rafael van der Vaart lebih dulu mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang debut bersama timnas Belanda dua dekade terakhir. Gelandang berkualitas pada masanya ini tampil pertama kali bersama timnas Belanda saat laga kualifikasi Piala Dunia menghadapi Romania.

Baca Juga  Tak Ada yang Mengemudi Sepandai dan Secepat Rossi di Lap Terakhir

Pada laga yang digelar 6 Oktober 2001 tersebut, van der Vaart masih berusia 18 tahun, 7 bulan, dan 25 hari. Saat ini sosok 38 tahun tersebut sudah tak lagi menjadi andalan timnas Belanda karena sudah gantung sepatu pada tahun 2018. Selama kariernya, van der Vaart telah mencatatkan 109 caps dengan torehan 35 gol. 

5. Jeffrey Bruma

5 Debutan Termuda Timnas Belanda Dua Dekade Terakhir, de Ligt Termasukgoal.com

Pemain termuda kelima yang tampil bersama timnas Belanda adalah Jeffrey Bruma. Bek tengah tersebut menjalani debut pada 10 Agustus 2010 saat timnas Belanda menghadapi Ukraina. Dalam laga persahabatan tersebut, Bruma masih berusia 18 tahun, 8 bulan dan 29 hari.

Secara total, pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut telah membela timnas Belanda dalam 25 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, Bruma berhasil mencetak 1 gol. Sempat membela Chelsea, saat ini ia bermain di Bundesliga bersama Wolfsburg.

Baca Juga  Tanpa Busana saat Digerebek Polisi, Postingan Terakhir Hana Hanifah "Ada yang Bengkak"

Itulah lima debutan termuda Timnas Belanda dalam dua dekade terakhir. Pemain-pemain tersebut membuktikan jika Belanda memiliki pemain bertalenta setiap masanya.

(red/idntimes)