5 Gelandang Muda Lulusan Akademi Klub yang Tampil Impresif

oleh -41 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam sepak bola, terdapat sebuah siklus yang kerap terjadi hingga sekarang. Tiap pesepak bola profesional mengawali kariernya di sebuah tim akademi. Dan setelah itu, ia akan bermain untuk klub ternama dan meraih kesuksesan besar. Namun, ada juga pemain yang bermain untuk klub yang telah dibelanya sejak muda, dan masih setia untuk bertahan.

Seperti yang terjadi pada musim ini, terdapat beberapa pemain dari lulusan akademi klub yang tampil impresif. Tak terkecuali bagi mereka yang masih berusia muda dan berposisi sebagai gelandang. Dari sekian nama, 5 gelandang muda ini menjadi yang paling mencolok performanya. Penasaran siapa saja? Berikut IDN Times sudah menyajikannya untuk kamu.

1. Fede Valverde (Real Madrid)

5 Gelandang Muda Lulusan Akademi Klub yang Tampil ImpresifFede Valverde (90min.com)

Real Madrid memang telah memiliki trio gelandang berpengalaman saat ini, yaitu Luka Modric, Toni Kroos dan Casemiro. Namun, dibalik kehebatan mereka dalam mengatur permainan Los Blancos, ada satu gelandang milik Madrid lainnya yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Dia adalah Fede Valverde, gelandang muda Los Blancos yang merupakan jebolan akademi Real Madrid Castilla. Ia mulai promosi ke skuat utama pada musim 2018/2019 lalu dan masih dipercaya untuk mengisi lini tengah El Real hingga sekarang. Di musim ini, ia telah membuat 30 penampilan dengan raihan 3 gol dan 1 assist.

2. Eduardo Camavinga (Stade Rennais)

5 Gelandang Muda Lulusan Akademi Klub yang Tampil ImpresifEduardo Camavinga (goal.com)

Baca Juga  Bupati Halsel Janji Perbaiki Rumah Warga Korban Puting Beliung di Tawa

Nama Eduardo Camavinga mulai muncul ke permukaan pada musim lalu, usai tampil apik bersama Stade Rennais. Sejatinya, ia merupakan lulusan akademi klub Ligue 1 tersebut dan mulai dipercaya masuk skuat utama di pertengahan musim 2018/2019. Setelahnya, Camavinga didapuk jadi sosok vital di lini tengah Rennais.

Walaupun masih berusia 18 tahun, kualitas yang dimiliki Camavinga telah dipantau oleh beberapa klub elite. Di musim ini saja, pemain berpaspor Prancis tersebut sudah mencatatkan 37 penampilan dengan torehan 1 gol dan 3 assist. Kariernya kian melambung usai dipercaya debut di Timnas Prancis pada September tahun lalu.

3. Declan Rice (West Ham United)

5 Gelandang Muda Lulusan Akademi Klub yang Tampil ImpresifDeclan Rice (goal.com)

Declan Rice sudah menunjukkan performa impresifnya bersama West Ham United dalam beberapa musim terakhir. Sejak diproyeksikan ke tim utama pada musim 2017/2018 lalu, Rice sukses tampil ciamik di lini tengah The Hammers. Biasa bermain sebagai gelandang jangkar, stamina Rice seperti tak ada habisnya.

Baca Juga  Lauren Jauregui Rilis Single ‘Colors’ dari EP Debutnya, “Prelude”

Kualitas Rice juga ciamik dalam hal akurasi umpan akurat, daya jelajah yang tinggi, dan kemampuan membantu pertahanan yang mumpuni. Apalagi semenjak dinahkodai David Moyes, performa Rice kian gemilang di musim ini. Secara keseluruhan, pemain berusia 22 tahun tersebut sudah membuat 32 penampilan.

4. Mason Mount (Chelsea)

5 Gelandang Muda Lulusan Akademi Klub yang Tampil ImpresifMason Mount (goal.com)

Ditunjuknya Frank Lampard sebagai pelatih anyar Chelsea musim lalu begitu berperan besar dibalik karier Mason Mount. Bagaimana tidak, sebelum ditangani Lampard, Mount kalah bersaing di skuat utama Chelsea dan telah dipinjamkan ke klub lain. Ia lantas menjadi salah satu pemain penting The Blues musim lalu.

Beranjak di musim ini, Mount tetap menjadi andalan Chelsea di lini tengah, meskipun Chelsea sudah ditukangi pelatih baru, Thomas Tuchel. Kreativitasnya sebagai motor serangan The Blues membuat Mount mendapatkan banyak kepercayaan. Tercatat, ia telah mencetak 9 gol dan 8 assist dari 49 penampilan musim ini.

Baca Juga  Pertemuan Senja

5. Phil Foden (Manchester City)

5 Gelandang Muda Lulusan Akademi Klub yang Tampil ImpresifPhil Foden (telegraph.co.uk)

Performa Phil Foden di musim ini berhasil menyedot perhatian banyak pihak. Berposisi natural sebagai gelandang sentral, Foden juga tampil apik saat ditempatkan ke posisi lain seperti false nine dan pemain nomor 10. Tak mengherankan bila Foden dianggap sebagai salah satu talenta potensial Inggris saat ini.

Sejak promosi ke skuat utama pada musim 2017/2018, karier Foden kian berkembang di setiap musimnya. Terlebih di musim ini, saat The Cityzens dilanda badai cedera di sektor penyerangan, Foden kerap dipercaya untuk mengisi posisi tersebut. Tercatat, ia telah membuat 47 penampilan dengan raihan 14 gol dan 10 assist musim ini.

Itulah 5 gelandang muda dari akademi klub yang tampil impresif. Patut dinantikan konsistensi para pemain muda diatas dalam beberapa musim mendatang.

(red/idntimes)

No More Posts Available.

No more pages to load.