7 Genre Musik yang Perlu Kamu Tahu, Mana Favoritmu?

oleh -42 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hampir dari semua kalangan usia menyukai musik. Musik mempunyai daya tarik baik dari nada, suara, harmoni dan yang paling penting musik dapat mengekspresikan perasaan kita dan membantu mengobatinya.

Melalui musik juga banyak orang yang berkarya hingga menjadi sebuah mahakarya yang selalu dinantikan. Contohnya Ludwig Van Beethoven, Johann Sebastian Bach, Ismail Marzuki dan lain-lainnya.

Musik merupakan bagian dari lagu. Ada beberapa yang menganggap bahwa musik itu sama dengan lagu, padahal jika memahami definisinya kamu akan tahu perbedaannya.

Musik merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan, terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik, seperti dilansir dari wikipedia.com.

Sedangkan lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu, menurut wikipedia.com.

Maka dapat disimpulkan bahwa musik adalah lantunan nada yang diciptakan oleh alat musik yang sudah ada sejak zaman dulu. Sedangkan lagu adalah gabungan musik yang diiringi lirik sehingga yang mendengarnya pun merasa terpukau ataupun terhayut ke dalam lagu tersebut.

Nah, berikut ini merupakan beberapa genre musik yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku Utara Pada Tahun 2020 Menurun

1. Musik klasik.

Siapa yang nggak tahu genre musik ini. Genre ini merupakan genre yang sangat banyak peminatnya dikarenakan memiliki daya seni yang tinggi dan juga musik jenis ini merupakan musik yang banyak disukai pada eranya, yaitu antara abad ke-18 sampai awal abad ke-19.

Biasanya ciri khas dari musik ini adalah memiliki nada yang dipercepat ataupun diperlambat, didominasi alat musik gesek dan tiup, dan paling penting membuat pikiran seseorang menjadi tenang dari pikiran jenuh yang memenuhi kepalanya.

2. Musik blues.

Musik ini adalah musik popular di mana tercipta dari konotasi perasaan frustasi dan melankolis. Musik Blues berkembang dengan suatu bentuk pola “Call dan Respone” di mana call adalah instrument gitar dan respone adalah penyanyi. Dalam perkembangannya, musik Blues banyak memengaruhi berbagai macam genre musik, seperti ragtime, pop, jazz, big band, country dan rhythm and blues.

Baca Juga  Fakta Jelang Duel Polandia Vs Belanda

3. Musik pop.

Genre musik ini yang paling digemari oleh anak-anak zaman sekarang. Ia memiliki nada yang lambat atau melankolis dan mudah dipahami. Namun musik ini sudah banyak tergabung atau tumpang tindih dengan genre lainnya sehingga sudah bukan music pop murni. Awal mulanya musik ini mengiringi tarian tango dan akhirnya berkembang menjadi Rhumba, Samba, Salsa, Conga, Mambo dan yang lainnya.

4. Musik hip hop.

Musik ini digemari karena memiliki unsur seni yang sangat digemari yaitu rapping, dj, breakdance dan graffiti. Di mana orang-orang merasa gembira dan selalu mengikuti irama nya untuk menari. Menarik, bukan?

5. Musik balada.

Sebenarnya musik ini mirip dengan musik pop, namun dia memiliki nada mellow, tempo lambat dan sangat menyentuh hati.

Baca Juga  Hujan Lebat dan Angin Kencang 3 Hari Kedepan di Beberapa Wilayah Indonesia

6. Musik jazz.

Adalah jenis musik yang dimainkan atas dasar ritme dan perasaan disertai spontanitas dan dari permainan tersebut dihasilkan improvisasi-improvisasi.

7. Musik R&B (Rhythm and Blues).

Adalah gabungan dari jazz, gospel dan blues. Musik ini digemari dikarenakan penuh dengan improvisasi baik dari nada ataupun penyanyinya.

Masih banyak genre musik lainnya. Intinya musik yang kamu nikmati pastinya selalu memberikan efek yang positif buatmu. Karena dengan mendengarnya kamu dapat menenangkan pikiran dan apa pun genre musik yang kita pilih saat itu pasti itu sesuai dengan suasana hati. Jadi, semangat terus tapi jangan sampai lupa akan kewajibanmu, ya. (red/rtm/brilio)