9 Gaya Foto ASN yang Dilarang Jelang Pemilu 2024 yang Wajib Diketahui

oleh -623 views
Gaya Foto ASN yang Dilarang Jelang Pemilu 2024 yang Wajib Diketahui

Porostimur.com, Jakarta – Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk menjaga netralitasnya jelang Pemilu 2024 mendatang. Ada beberapa pose foto yang dilarang.

Dilansir dari akun X Dinas Komunikasi dan Informatika @kominfodiy, ASN diminta untuk berhati-hati ketika berfoto supaya tak terlihat memberikan dukungan politik melalui gerakan atau ekspresi tubuh, terutama menjelang tahun politik. 

Terdapat peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukum yakni Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam Pasal 2 tertulis asas netralitas sebagai salah satu asas penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN. 

Melihat pada SKB tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas ASN dalam pemilu 2024, foto dengan pose yang mencerminkan simbol atau atribut partai dianggap merupakan pelanggaran disiplin ASN poin 7.

Baca Juga  Polsek Ternate Selatan Kembali Temukan 91 Kantong Cap Tikus

Dalam peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 pun dijelaskan ketentuan soal sanksi disiplin bagi pelanggaran netralitas. Menurut Pasal 5 huruf N, ASN yang melanggar akan diberikan hukuman disiplin tingkat sedang hingga berat.

Berikut ini merupakan bunyi PP Nomor 94 Tahun 2021 Pasal 5 huruf N:

PNS dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden, calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah, atau calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan cara:

No More Posts Available.

No more pages to load.