Baru Saja Dilantik, 6 Pimpinan OPD di Malut Sudah Tuai Polemik

oleh -107 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Baru beberapa jam dilantik oleh Gubernur, KH. Abdul Gani Kasuba, Rabu (18/8/2021) pagi tadi, keberadaan enam pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan daerah Provinsi Maluku Utara sudah menuai polemik.

Adalah Wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali yang mempersoalkan para pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh gubernur itu.

Kepada media pers, Al Yasin Ali mengaku tidak mengetahui hasil asesmen keenam pejabat tinggi pratama yang baru dilantik.

“Jadi masalah asesmen saya tidak tahu, apakah hasil asesmen itu betul atau tidak, kami tidak tahu. Hasilnya kan sudah ada,” ujar Yasin yang juga politikus PDI Perjuangan ini saat ditemui usai pelantikan.

Mantan Bupati Halmahera Tengah dua periode ini menambahkan, enam pimpinan OPD yang baru dilantik sebelumnya menduduki jabatan sebagai pelaksana tugas, kemudian mengikuti tahapan asesmen dan dinyatakan lolos oleh panitia seleksi.

Baca Juga  Perkuat Binter, Danrem 151/Binaiya Hadiri Natal & Ibadah Bersama Masyarakat

“Awalnya mereka ini kan Plt. Jadi kalau definitif, harus diasesmen dan dilantik. Mereka sudah diasesmen kemarin dan mereka lolos, artinya lolos di ranking-ranking di atas lah, dan diberikan kesempatan untuk diberikan SK dan dilantik,” ungkapnya.

Disitat dari tandaseru.com, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Malut, Idrus Assagaf saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, pimpinan OPD yang baru dilantik hasil asesmennya sudah sesuai dengan nilai yang diperoleh.

“Nilai itu dilihat dari semua tahapan, mulai dari administrasi, organisasi normatif, rekam jejak, uji kompetensi, kemudian wawancara yang dihadiri oleh lima orang penilai,” cetusnya.

Saat disentil mengenai keraguan Wakil Gubernur terhadap hasil asesmen dirinya enggan memberikan tanggapan.

Baca Juga  3 Hari Truk Tertahan di Pelabuhan Namlea, Sayur dan Hewan Milik Pedagang Busuk dan Mati

“Kalau soal itu saya tidak bisa komentar,” tandasnya.

Untuk diketahui, pagi tadi Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba secara resmi melantik dan mengambil sumpah enam pejabat tinggi pratama.

Keenam pejabat yang dilantik tersebut adalah Fachruddin Tukuboya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Abdullah Assagaf sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Fehby Alting sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Zainab Alting sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah, Rahwan K. Suamba sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan, dan Marwan Polisiri sebaga Kepala Biro Perekonomian.

Marwan merupakan mantan Staf Ahli Wali Kota Tidore Kepulauan Bidang Kemasyarakatan dan SDM, dan Zainab adalah mantan Kepala Bidang Pajak dan Retribusi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Malut.

Baca Juga  Bawaslu Halsel Ikut Doa Bersama Gugurnya 53 TNI dengan KRI Nanggala 402

Sedangkan empat pejabat lainnya sebelumnya adalah pelaksana tugas di instansi masing-masing.

Mereka dilantik berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 821.2.22/KEP/JPTP/125/VIII/2021 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Provinsi Maluku Utara. Pelantikan ini telah mendapat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

(red/tsc)

No More Posts Available.

No more pages to load.