Begini Penampakan Peta Makkah 3D Era Nabi Muhammad

oleh -372 views
Link Banner

Setiap umat Muslim pasti merindukan sosok Baginda Rasulullah SAW. Tidak hanya sosoknya, namun juga bagaimana perjalanan beliau dalam menyiarkan agama Islam. Umat Muslim pasti juga merindukan Kota Makkah di mana Nabi Muhammad menunaikan ibadah haji.

Dengan kecanggihan teknologi yang dikombinasikan bersama ilmu sejarah. Sedikit banyak kita, sebagai pengikut Nabi Muhammad, kita bisa melihat bagaimana tata letak Makkah di era Rasulullah.

Sebagaimana hasil lansir Okezone, sebuah video berdurasi kurang lebih empat menit dengan gamblang menunjukkan tata letak peta Makkah secara tiga dimensi (3D) pada era Rasulullah SAW.

Sebuah peta 3D yang memperlihatkan Mekkah secara tiga dimensi, menggambarkan kondisi Makkah di era Rasulullah tepatnya tahun 600 Masehi, yang dibuat oleh Abdulaziz Imad Al-Ateeq. Seorang mantan anggota militer dari Kuwait, berpangkat letnan kolonel yang kemudian menjadi peneliti sejarah Islam.

Link Banner

Peta ini menggambarkan detail tata letak bangunan dan rumah Rasulullah beserta tokoh-tokoh penting di masa itu, baik yang mendukung ataupun kontra dengan dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk membuat peta 3D Makkah di era Rasul i tidaklah mudah. Mengingat, peta ini dibuat sedetail mungkin berdasarkan pada penelaahan terhadap catatan sejarah.

Baca Juga  Klasemen Liga Inggris setelah dua hari pertama musim 2020/21

Pengumpulan referensi dalam pembuatan peta ini menghabiskan waktu 10 tahun lamanya. Sekarang, hasil penelitian ini terangkum dalam buku berjudul, A Comprehensive and Contextual Biography.

Diceritakan dalam tayangan video tersebut, Makkah pada 600 Masehi lalu adalah sebuah negeri yang terisolasi di tengah pegunungan tandus kawasan Hijaz. Di sini terdapat tujuh kawasan Bani. Bani Taym, Bani Makzhum, Bani Adi, Bani Adi wilayah kedua, Bani Syam, Bani Hasyim, Bani Amir dengan Kakbah yang berada di tengah.

Bani Hasyim adalah kabilah di mana Nabi Muhammad berasal, sedangkan Bani Taym adalah kabilah tempat sahabat karib Muhammad, Abu Bakar berasal. Bani Adi adalah kabilah di mana Umat bin Khatab berasal, Bani Syam adalah kabilah di mana Usman bin Affan berasal, Bani Makszum adalah kabilah di mana Khalid bin Walid berasal.

Baca Juga  7 Fakta Unik Rodrygo, Bocah Ajaib Real Madrid Pencetak Hattrik Termuda Kedua di Liga Champions

Kemudian, di bagian timur kota kita bisa melihat beberapa lokasi penting dalam sejarah Islam yakni mulai dari Gua Tsur, Gua Hira, Makkah, Mina, hingga Arafat. Sedangkan pusat kota Makkah ialah lokasi di mana berdiri Kakbah sebagai jantung kota yang ditutup oleh Kiswah (kain penutup Kakbah) bercorak warna-warni. Lalu ada sumur air zam-zam yang berada tepat di depan Ka’bah.

Di bagian barat Kakbah ada Darul Nadwa, yaitu semacam balai kota tempat bagi para petinggi Quraisy bermusyawarah. Di titik lokasi ini, salah satunya ada rumah Ummu Hani, tempat di mana Rasulullah terbangun untuk memulai perjalanan Isra Miraj. Ada juga rumah Uqbah bin Mu’ait sahabat karib rasul saat remaja, tapi menjadi musuh saat Nabi berdakwah perihal Islam.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 2.7 Guncang Ambon Sore Ini

Tak ketinggalan, di sini kita juga bisa melihat titik lokasi rumah musuh Nabi Muhammad, Abu Jahal hingga rumah Ayahanda Rasulullah, Abdullah bin Abdul Muthalib yang terletak di kawasan lembah Bani Hasyim. Hingga kediaman dari paman Rasulullah, Abi Thalib sebagai tempat di mana Muhammad SAW menghabiskan masa kanak-kanaknya setelah menjadi seorang yatim piatu. Ada juga rumah dari Khadijah RA, yang berlokasi tepat di bawah bukit Marwa.

Menyelusuri peta Makkah 3D di era Rasulullah SAW ini ibarat menyusuri jejak kehidupan semasa beliau tinggal di Makkah. Ini menambah kerinduan umat Muslim akan sosok Nabi Muhammad SAW. (red)