Cristiano Ronaldo Jadi Top Skorer Sepanjang Masa, Messi Nomor Berapa?

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com, Manchester – Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa sepak bola profesional dengan 807 gol.

Ronaldo mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 Manchester United atas rival empat besar Tottenham Hotspur, Minggu (13/3/2022) dini hari waktu Indonesia.

Gol kedua Ronaldo untuk Manchester United melawan Tottenham pada Sabtu malam membuat pemain Portugal itu memecahkan rekor 805 gol Josef Bican sebelumnya, menurut catatan FIFA.

Jumlah gol Ronaldo

Dikutip dari The Athletic, pemain berusia 37 tahun itu kini telah mengoleksi 807 gol sepanjang karirnya. Berikut rinciannya:

  1. Sporting Lisbon (5 gol),
  2. Manchester United (136),
  3. Real Madrid (450),
  4. Juventus (101)
  5. Tim nasional Portugal (115).
Baca Juga  Cristiano Ronaldo 2 Gol Injury Time, De Gea Kacau, Man United Tak Jadi ke Liga Europa

Gol pertama Ronaldo ke gawang Tottenham terjadi pada menit ke-12 ketika ia melepaskan tembakan jarak jauh melewati Hugo Lloris yang tak berdaya.

Harry Kane kemudian menyamakan kedudukan dari titik penalti sebelum Ronaldo memanfaatkan umpan silang dari Jadon Sancho pada menit ke-38.

Gol bunuh diri Harry Maguire di menit ke-72 menyamakan skor tetapi Ronaldo memastikan hat-tricknya dan tiga poin untuk United dengan sundulan kuat saat waktu tersisa sembilan menit.

Pencetak gol sepanjang masa

Gelar pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sepak bola banyak diperebutkan dan FIFA tidak menyimpan catatan resmi.

Baca Juga  Legenda Man United Ini Kritik Soal Berpindahnya Ban Kapten dari Maguire ke Ronaldo

Tetapi FIFA memperkirakan bahwa Josef Bican dari Austro-Ceko mencetak 805 gol selama karier yang berlangsung dari tahun 1931 hingga 1955.

Dikutip dari Aljazeera, FA Ceko mengatakan total Bican sebenarnya adalah 821 gol setelah meninjau statistiknya.

Striker Brasil Pele dan Romario masing-masing mencetak lebih dari 1.000 gol selama karir mereka.

Baca Juga  Kampus Unkris Diserang Preman, Ongen Sangaji: Kapolda Harus Usut Tuntas

Tetapi statistik tersebut termasuk gol dalam pertandingan amatir, tidak resmi dan persahabatan.

Daftar pencetak gol sepanjang masa FIFA

  1. Cristiano Ronaldo (807 gol)
  2. Josef Bican (805)
  3. Romario (772)
  4. Lionel Messi (759)
  5. Pele (757)
  6. Ferenc Puskas (746)
  7. Gerd Muller (734)
  8. Ferenc Deak (576)
  9. Uwe Seeler (575)
  10. Tulio Maravilha (575). 

Selisih gol Ronaldo dengan Messi

Lionel Messi adalah satu-satunya pemain aktif lainnya dalam daftar ini, tetapi dia saat ini berjarak 48 gol dari Ronaldo.

Bergantung pada berapa lama masing-masing karier mereka berjalan, Messi berpotensi membuat perbedaan mengingat dia berusia 34 tahun dibandingkan dengan Ronaldo yang berusia 37 tahun.

Catatan pencetak gol terbanyak sepanjang masa mungkin bisa diperdebatkan, sebab beberapa sejarawan sepak bola mengklaim tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti karena kurangnya pencatatan yang akurat dalam sepak bola pra abad ke-20.

Rekor yang dipecahkan Ronaldo berkaitan dengan perkiraan jumlah pertandingan dan gol FIFA yang tercatat selama keberadaan mereka sebagai sebuah organisasi, dengan pemegang rekor sebelumnya Josef Bican mencetak 805 gol yang luar biasa antara tahun 1931 dan 1955. Ronaldo berada di tahun ke-20 dalam karirnya.

Tapi masih banyak perselisihan mengenai jumlah sebenarnya Bican, dengan ikon Brasil Pele juga mengklaim telah mencetak lebih dari 1000 gol karir – meskipun itu belum dikonfirmasi.

(red/kompas.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.