Dana Hibah Tak Kunjung Cair, KPU Kepulauan Sula Ancam Stop Tahapan Pilkada

oleh -408 views

Porostimur.com, Sanana – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, mengancam bakal menghentikan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada ) serentak lantaran pemerintah setempal belum juga mengucurkan anggaran hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ketua KPU Kepulauan Sula Risman Buamona mengatakan, dana hibah tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 sebesar Rp25 miliar, yang dicairkan dalam dua tahapan. Di mana untuk tahapan pertama sebesar 40 persen dan tahap kedua 60 persen.

Namun menurut dia, hingga kini Pemda Kepulauan Sula baru mencairkan anggaran Pilkada tahap pertama sebesar Rp4 miliar atau 16 persen. Sedangkan sisanya sebesar Rp6 miliar atau 24 persen belum juga dicairkan.

Baca Juga  Partai Perindo Rekom Safitri Malik Soulisa Sebagai Calon Bupati Buru Selatan

Risman menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), pihak BPKAD menjanjikan anggaran tersebut segera dicairkan.

“Hasil koordinasi kami dengan pihak keuangan itu, mereka menjanjikan bahwa akan dicairkan dalam bulan Juni ini. Karena, mereka masih menunggu transfer dari pusat,” ungkap Risman, Rabu (26/6/2024) di Sanana.

Mantan anggota Bawaslu Kepulauan Sula itu menegaskan,, bilamana dalam waktu dekat ini, Pemda Kepulauan Sula melalui BPKAD tidak mencairkan anggaran tersebut, maka pihaknya akan menghentikan sementara tahapan Pilkada serentak tahun 2024 di Kepulauan Sula.

No More Posts Available.

No more pages to load.