Dapil Maluku Utara, Petahana Diprediksi Bakal Masuk Lagi ke Senayan

oleh -98 views

Porostimur.com, Ternate – Para calon petahana di dapil Maluku Utara (Malut), sampai saat ini, masih di atas angin. Mereka diprediksi bakal masuk lagi ke gedung DPR RI di Senayan, Jakarta.

Diketahui, hanya tiga kursi yang tersedia di dapil Malut yang mencakup Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Utara, Kepulauan Sula, Morotai, Pulau Taliabu, Kota Ternate, dan Tidore Kepulauan.

Pada Pileg 2019, tiga kursi itu diisi oleh Irene Yusiana Roba dari PDIP, Achmad Hatari dari NasDem, dan Alien Mus dari Golkar. Ketiga nama tersebut kembali maju. Untuk Irene dan Hatari, Pileg 2024 merupakan kontestasi ketiga kalinya setelah berhasil menduduki kursi Senayan sejak 2014 lalu.

Baca Juga  Kolaborasi Ade Govinda dan Sammy Simorangkir di Lagu "Selagi Punya Waktu" Bikin Mewek

Pada Pileg 2019 lalu, suara ketiganya tidak jauh berbeda. Utamanya pada nama Hatari dan Alien Mus. Sekalipun saat itu nyaleg sebagai penantang baru, tapi suara Alien Mus mampu mengungguli Hatari.

Alien Mus mendapat suara sebanyak 45.056. Sedangkan Hatari 40.744 suara. Suara keduanya berada di bawah Irene dengan perolehan 65.589 suara.

Sebagai petahana, ketiganya dinilai berpotensi kembali ke Senayan. Kendati punya peluang lebih, para petahana tetap diminta untuk tidak lengah. Sebab, nama-nama penantang baru tidak kalah kelas dari ketiganya.

Mereka hadir sebagai figur yang juga punya pengalaman dekat dan rajin menemui masyarakat Malut. Ada yang berlatar belakang mantan kepala daerah, mantan anggota DPR dan DPD, serta keluarga dari elite partai politik.

Mereka antara lain Thaib Armaiyn. Mantan Gubernur Maluku Utara dua periode ini berada di nomor urut satu Daftar Caleg Tetap (DCT) Partai Demokrat. Kehadiran Thaib menjadi sinyal Demokrat berharap adanya perwakilan di Senayan dari Dapil Malut.

Baca Juga  Raih Dukungan Rakyat, Elly Toisutta Kembali Masuk Rumah Rakyat di Belakang Soya

Begitu juga dengan PAN. Partai besutan Zulkifli Hasan ini berusaha mengimbangi rekan sekoalisinya di Pilpres 2024, Golkar. PAN mempercayakan nama-nama beken di kalangan masyarakat lokal.

Di urutan pertama, PAN memasang nama mantan Anggota DPD Abdurrahman Lahabato. Disusul mantan Bupati Halmahera Utara Hein Namotemo di urutan kedua, dan Nita Budhi Susanti di urutan ketiga. Mantan Istri mendiang Sultan Ternate Mudafar Sjah yang kini bersuamikan elite PAN Viva Yoga Mauladi itu sudah pernah merasakan empuknya kursi Senayan beberapa tahun silam.

Berbeda dengan Golkar. Partai Beringin itu hanya mengandalkan petahana, setelah nama Saiful Bahri Ruray. Sedangkan, Pendeta Soeselisa hanya tercantum di daftar Caleg Sementara (DCS). Keduanya digantikan oleh Helmi Djen dan Zulfikar Kusuma Akbar. (red/rm)

Baca Juga  Real Madrid di Puncak Klasemen Liga Spanyol, Unggul 7 Poin

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.