Delegasi OSN Bitung dilepas ”fight” di Manado

oleh -30 views
Link Banner

@Porostimur.com | Bitung : Label sekolah swasta kadang sering dianggap tidak masuk dalam hitungan sebagai sekolah yang bermutu atau berkelas.

Begitupun dengan sekolah negeri, akrab dekat dengan berbagai sarana dan prasarana kemudahan yang disediakan pemerintah dan sering dianggap sebagai sekolah yang jauh lebih berkelas.

Sayangnya, dalam level seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), bukan predikat swasta atau negeri yang dipertanyakan namun kualitas yang dihasilkan yang akan menentukan hasilnya.

Ini juga terjadi dalam penyelenggaraan OSN tingkat Kota Bitung sebelumnya.

Link Banner

Dimana, kontingen yang beranggotakan 9 siswa didelegasikan mengikuti OSN tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado, Sabtu (21/4), sama-sama didominasi kedua sekolah berpredikat berbeda itu.

Seperti yang diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas), Beny Bolang, dalam laporannya saat pelepasan delegasi, di Pendopo lapangan Walikota Bitung, Jumat (20/4).

Baca Juga  Widya Pratiwi "Pulang Kampung" ke Olilit

Menurutnya, sesuai mata pelajaran Matematika dijuarai SMPN 8 Bitung, SMP Katolik Don Bosco dan SMPN 6 Bitung.

Untuk mata pelajaran IPA, akunya, dijuarai SMPN 8 Bitung, SMP Kristen Madidir dan SMP Kristen Bukit Kasih Giper.

Sementara untuk pelajaran IPS, jelasnya, dijuarai SMPN 2 Bitung, SMP Kristen Aertembaga dan SMPN 1 Bitung.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bitung, Julius Ondang, mengharapkan kepada kesembilan peserta ini, agar mampu bersaing dengan 14 delegasi lainnya dari kabupaten/kota se-Sulut, hingga memberikan hasil yang terbaik bagi kota cakalang.

”Kiranya utusan Kota Bitung dapat bersaing dengan daerah lain dan mampu membawa pulang prestasi,” tegasnya.

Terpisah, Kepala SMP Kristen Aertembaga, Alfira Wawoh, dalam keterangannya kepada wartawan, menyatakan mendukung penuh Fortun Kahiking, siswa dari sekolahnya yang berkesempatan mengikuti OSN tingkat Provinsi untuk mata pelajaran IPS.

Baca Juga  Muhammadiyah: Sebaiknya Salat Id di Lapangan Ditiadakan

Atas prestasi OSN tahun ini, Bolang pun menyampaikan kekagumannya.

Apalagi, tambahnya, sekolah swasta dinaungi yayasan pendidikan GMIM, ternyata mampu menempatkan 3 siswanya dalam delegasi OSN Kota Bitung tahun ini. (guls)