DPRD Maluku Setujui Usulan Hibah Pemda untuk Musim Haji Tahun 2022

oleh -45 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Komisi IV DPRD Provinsi Maluku akhirnya menyetujui usulan hibah Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Maluku untuk musim haji Tahun 2022 sebesar Rp. 3,5 miliar dari yang diusulkan Rp. 3,7 miliar kepada Kanwil Agama sebagai yang bertanggungjawab untuk menyelenggarakan haji.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Samson Atapary pada wartawan di gedung DPRD, kawasan Karang Panjang Ambon, Jumat (24/6/2022) mengatakan, Gubernur Maluku telah melakukan pelepasan jemaah haji asal Maluku kelompok terbang (Kloter) 9 dan 10 menuju embarkasi Makassar pada 23 Juni 2022, dan secara teknis akan berangkat Jumat (24/6/2022) dan nanti tanggal 27 Juni 2022 pelepasan dari embarkasi Makassar menuju ke Arab Saudi.

Baca Juga  Wartawan Rusia Marina Ovsyannikova Ditangkap

“Karena kita mau menuju ke embarkasi antara dan berlaku efektif pada tahun 2023. Pemda Maluku lewat Biro Kesra, DPRD lewat Komisi IV dan Kanwil Agama telah bersepakat bahwa untuk keberangkatan jemaah haji tahun 2022 ini adalah pra embarkasi,” kata Atapary.

“Karena ini pra embarkasi, maka sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) walaupun ini belum di paripurnakan tapi sudah selesai, karena sudah selesai dikonsultasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tinggal ditetapkan menuju ke embarkasi antara,” imbuhnya.

Atapary menegaskan, segala beban biaya transportasi lokal dan makan minum para jamaah haji ditanggung oleh Pemda Maluku.

Politisi PDIP ini menjelaskan, semua yang menyangkut dana dan embarkasi sudah selesai dan Komisi IV melalui rapat kerja sudah di putuskan dan sudah merekomendasikan ke Pimpinan DPRD untuk menyetujui anggaran Rp. 3,5 miliar untuk di pakai dalam kaitan dengan pelaksanaan ibadah haji di tahun 2022.

Baca Juga  Keluarga China yang Berduka Memberikan Peringatan ke Ilmuwan WHO, 'Jangan Dibodohi Pemerintah

“Secara teknis tinggal diparipurnakan atau kalau tidak diparipurnakan, mungkin lewat rapat pimpinan bisa mengambil satu keputusan lalu menetapkan apa yang sudah diputuskan lewat Komisi dengan Pemda dan lewat rekomendasi yang sudah diputuskan itu,” pungkas Atapary.

Untuk diketahui bahwa, jumlah jamaah haji dari Maluku sebanyak 496 orang berasal dari 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Keberangkatan jemaah haji Maluku menuju tanah suci menggunaka pesawat Batik Air Grup. Dari penawaran tiga Air Lines yaitu Garuda, Sriwijaya dan Batik Air Grup, dan yang melakukan penawaran paling rendah adalah Batik Air.

(red/tribun maluku)

No More Posts Available.

No more pages to load.