Gunung Ibu di Halmahera Barat Kembali Erupsi, Warga 7 Desa Dievakuasi

oleh -10 views
Ribuan warga dari 7 desa di Halmahera Barat, Maluku Utara dievakuasi menyusul Gunung Ibu yang kembali erupsi.

Porostimur.com, Jakarta – Warga dari tujuh desa di Halmahera Barat, Maluku Utara dievakuasi menyusul erupsi Gunung Ibu, Sabtu (18/5/2024) malam. Ribuan warga dievakuasi ke lokasi pengungsian yang berada di Lapangan Desa Gam Ic. 

“Setibanya di lokasi pengungsian, pihak terkait langsung melakukan pendataan, sejalan dengan proses evakuasi ke beberapa titik lokasi lainnya,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Minggu (19/5/2024) di Jakarta.

Pos Pengamatan Gunungapi Ibu mencatat erupsi yang pertama terekam dengan tinggi kolom abu hingga 4.000 meter di atas puncak berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. 

“Erupsi ini juga terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 9 menit 12 detik. Suara gemuruh dan dentuman juga terdengar hingga Pos Pengamatan Gunungapi, yang disertai kilatan petir dalam kolom erupsi,” ungkapnya.

Baca Juga  Apresiasi LaserJet Kantah Kabupaten Badung, Menteri AHY: Layanan Pertanahan Jauh Lebih Efisien

Kemudian, pada erupsi yang kedua pada pukul 20.34 WIT, tinggi kolom abu teramati setinggi 1.000 meter dari puncak kawah berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 2 menit 7 detik.

No More Posts Available.

No more pages to load.